Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Kuak Kader yang Cocok Gantikan Tjahjo Kumolo

Jul 05, 2022 12:25
Kementerian PAN RB (Menpangoid)
Kementerian PAN RB (Menpangoid)

JATIMTIMES - Pasca meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), pasca Tjahjo Kumolo, sosok penggantinya dalam Kabinet pemerintahan Joko Widodo banyak jadi bahasan. Tiga nama Kader PDIP pun disebut-sebut pantas mengisi posisi MenPAN-RB. 

Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat menyebut, jika PDIP kaya akan kader terbaik yang cocok mengisi posisi tersebut. 

Nama seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambe, disebut Djarot sosok yang berpengalaman dalam tata kelola pemerintahan.

"Banyak. Artinya apa, mereka-mereka ini kan harus sudah memahami, sudah punya pengalaman di dalam tata kelola pemerintahan. Ada Pak Ganjar, Pak Olly Dondokambey sebagai gubernur. Nah jadi kita banyak stok," kata Djarot dikutip dari serambinews, Selasa (5/7/2022).

Selain itu, figur lainnya yang tak kalah berpengalaman dan berkompeten untuk menjadi Menteri PAN-RB adalah 
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto menurut Djarot juga bisa sebagai opsi  untuk menjadi menteri PAN-RB.

Rutinnya PDIP dalam mengembleng para kader melalui sekolah partai, membuat tak kehabisan figur lain yang cocok mengantikan Thajo Kumolo. Anggota Komisi IV DPR RI ini juga menyebut nama Ahmad Basarah yang saat ini menjadi Wakil Ketua MPR RI.

"banyak stok, Pak Basarah ok, Pak Hasto ok, tergantung kepada dari penugasan," kata Djarot.

Meskipun kaya akan kader terbaik, Djarot menyampaikan, jika hal ini merupakan kewenangan Ketua Umum, yakni Megawati Soekarnoputri untuk melakukan penunjukan kader. Akan tetapi, penentunya tetap merupakan Presiden. 

"Ya itu tergantung Pak Jokowi juga, ketum untuk penugasan. Sifatnya penugasan. Kalau you tanya apakah PDIP ada kader? Banyak. Artinya apa, mereka-mereka ini kan harus sudah memahami, sudah punya pengalaman di dalam tata kelola pemerintahan," kata Djarot dikutip dari Detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru