Idul Adha 2022, Masjid di Kota Batu Tiadakan Penyembelihan Hewan Kurban

Jul 04, 2022 16:57
Salah satu tim saat mengecek kesehatan kambing. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu tim saat mengecek kesehatan kambing. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) membuat masjid-masjid di Kota Batu sepakat untuk meniadakan penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Lalu bagaimana jika warga akan berkurban?

Pemkot Batu mengimbau bagi warga untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal ini dilakukan demi menekan penyebaran kasus PMK di Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, jika saat ini wabah PMK masih dinilai mengkhawatirkan. Dewanti memperkirakan hampir seluruh populasi sapi di Kota Batu sudah terpapar virus PMK.

Hanya saja, penularan di hewan kambing dan domba sejauh ini belum ditemukan di Kota Batu. 

“Yang jelas masjid-masjid besar tidak menyediakan tempat penyembelihan kurban,” ungkap Dewanti, Senin (4/7/2022).

Karena itu agar wabah ini bisa terkendali, bagi warga yang hendak berkurban bisa melakukan pemotongan terpusat di RPH. Sebab, nantinya hewan yang disembelih akan mendapat pengawasan lebih intensif.

Meski demikian, Dewanti tidak melarang warga melakukan penyembelihan di kampung atau desa masing-masing. 

“Kalau desa/kelurahan mau melakukan penyembelihan boleh, khususnya kambing nggak masalah. Tapi perhatikan kambing itu sehat,” imbau Dewanti.

Demi keamanan dan kesehatan masyarakat, Dewanti tetap meminta penyembelihan hewan kurban dilaksanakan melalui RPH. 

“Tapi sebisa mungkin lebih baiknya di RPH saja,” tegas Dewanti. 

Di sisi lain, saat ini Pemkot Batu tengah menggelontorkan 12.500 dosis vaksin PMK. Diharapkan, vaksinasi dapat meningkatkan imunitas bagi hewan ternak di Kota Batu yang masih sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru