Rahasia Tubuh Sehat, Hindari Lima Jenis Makanan Ini

Jul 04, 2022 09:29
Ilustrasi makanan yang harus dihindari atau dikurangi (pixabay)
Ilustrasi makanan yang harus dihindari atau dikurangi (pixabay)

JATIMTIMES - Kesehatan seseorang tentunya juga bergantung dengan makanan yang dikonsumsi. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan dicerna tubuh guna pemenuhan gizi yang berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Untuk itulah, menjaga asupan makanan yang rutin dikonsumsi agar tetap sehat menjadi hal yang wajib untuk dilakukan, khususnya dimasa pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum usai.

Untuk itulah, Dokter sekaligus pendakwah dr Zaiful Akbar menyampaikan agar masyarakat tetap menjaga kesehatannya. Masyarakat juga harus menghindari atau mengurangi makanan yang berdampak buruk bagi kesehatannya. 

Dokter Zaidul Akbar menyarankan untuk menghindari dan berhenti mengkonsumsi lima jenis makanan ini. Lantas makanan apa saja yang dimaksud ?, Simak informasinya.

Dijelaskan Dr Zaidul Akbar, makanan pertama yang harus dihindari atau bahkan berhenti untuk mengkonsumsi adalah tepung dan produk turunannya. Meskipun begitu, dalam hal ini, makanan gorengan bukan termasuk yang disebut Zaidul. 

"Gorengan enggak dok? Gak, bukan gorengan tenang aja," ujar dr. Zaidul dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip (4/7/2022).

Kedua, makanan yang harus dihindari menurut dr Zaidul produk olahan susu atau disebut dairy produk. Dan yang ketiga adalah olahan menggunakan minyak goreng yang memakai minyak sawit. 

Kandungan dalam minyak kelapa dan minyak sawit berbeda. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh. Sedangkan, minyak kelapa sawit jika dilakukan pengorengan berubah menjadi lemak trans.

Meskipun banyak beredar di pasaran, minyak ini sebetulnya tidaklah cocok untuk dikonsumsi. Sebab, pengkonsumsi minyak ini seringkali mengalami permasalahan jantung. 

"Bahkan (masalah) pencernaan kita muncul dari minyak itu," ungkapnya.

Dan makanan yang harus dihindari atau dikurangi selanjutnya adalah gula pasir dan yang kelima adalah nasi putih.  Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Ketika dalam proses pencernaan, nasi putih tak kalah dengan tepung. 

Kebutuhan karbohidrat, dapat digantikan dengan makanan lainnya. Dijelaskan Zaidul, nasi merah, beras hitam hingga kentang bisa menjadi pilihan untuk mengantikan nasi putih guna pemenuhan karbohidrat.

"Makan karbon yang bener, kayak nasi merah dan lainnya. Bukan nasi putih,"pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru