Tak Kantongi Surat Sehat, Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak Putar Balik di Pos Penyekatan Malang

Jul 02, 2022 18:00
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi dan Kapolsek Bululawang Kompol Ainun Djariyah.(Foto: Istimewa).
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi dan Kapolsek Bululawang Kompol Ainun Djariyah.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Memastikan pembatasan mobilitas ternak sebagai upaya mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) agar tidak meluas, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat melakukan pengecekan langsung pada lokasi posko penyekatan mobilitas kendaraan pengangkut hewan ternak, Sabtu (02/07/2022). Pengecekan kali ini dilakukan di Simpang Tiga Pos Bululawang, Jalan Raya Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Penyekatan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati Malang nomor 800/3699/35.07.201/2022, tentang larangan dan pembatasan sementara mobilitas hewan ternak untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kami masih terus melakukan penyekatan mobilitas ini demi kebaikan bersama, khususnya para peternak hewan. Jangan sampai lebih banyak peternak hewan yang dirugikan karena wabah PMK ini,” ujar Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat didampingi Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Bara'langi dan Kapolsek Bululawang Kompol Ainun Djariyah.

Sementara itu, Polres Malang mencatat, setidaknya ada 1 hingga 3 kendaraan pengangkut ternak per hari diputarbalikkan oleh jajaran Polres Malang dan petugas lain yang terlibat dalam pos penyekatan mobilitas pengangkut hewan. Hal itu dilakukan karena yang bersangkutan membawa ternak tidak dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari wilayah asalnya. 

Catatan Polres Malang, ada 3 pos penyekatan yang jadi langganan kendaraan pengangkut ternak diputarbalikkan untuk kembali ke daerah asal, yakni Pos Karangkates dari arah Blitar, pos Lawang dari arah Pasuruan dan Pos Ampelgading dari Lumajang.

"Sudah ada yang diputarbalik, kalau kendaraan yang bawa ternak tidak bawa surat sehat hewan, akan disuruh putar balik kembali ke daerah asalnya. Setiap hari antara 1-3 kendaraan," ujar Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny Kristian Baralangi. Sementara Polres Malang sendiri total mendirikan 7 pos penyekatan. Di mana 4 pos lainnya ada di Bululawang, Dau, Kromengan dan Pakisaji. 

Selain memastikan pos penyekatan berjalan optimal, pihak Polres Malang juga memastikan bahwa hingga saat ini proses vaksinasi terus dilakukan. Tercatat sudah ada sebanyak 12.319 ekor hewan ternak yang telah disuntik vaksin PMK. 

Sementara sebelumnya, sekitar 57.500 dosis vaksin PMK telah diserahkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Penanganan PMK Kabupaten Malang pada Jumat (24/06/2022) lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru