Polres Lumajang All-Out Amankan Penutupan Porprov VII Jatim 2022

Jul 02, 2022 10:15
Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka saat diwawancara awak media (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka saat diwawancara awak media (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Polres Lumajang akan allout dalam pengamanan pertandingan akhir hingga penutupan Porprov VII Jatim 2022. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka menegaskan, pada pertandingan final yang digelar keseluruhan pada Sabtu (2/7/2022) ini pihaknya akan all-out melakukan pengamanan. Hal itu untuk menekan peristiwa yang kemungkinan terjadi.

“Dalam kegiatan final (terutama sepak bola) nanti kami akan all-out. Karena beberapa cabor sudah selesai. Dan untuk penutupan kami juga optimal, karena juga ada permintaan pengamanan untuk artis yang mengisi acara,” kata Dewa Putu Eka, Sabtu (2/7/2022).

Dijelaskan Dewa, teknis untuk pengamanan sudah ia bahas bersama anggotanya. Termasuk ketika gelaran penutupan dilakukan. Karena dalam hal ini, Kabupaten Lumajang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk menutup event olahraga berkelas regional ini.

“Misal pengamanan cabor berisiko itu bisa sampai 7 orang plus satu perwira pengendali, baik di dalam atau di luar gedung,” terang Dewa.

Untuk pengamanan sepak bola sendiri, Dewa mengaku telah menganalisa tim yang akan bertanding. Misal memiliki suporter banyak, atau mungkin ada riwayat sebelumnya memang ada perseteruan. Polres Lumajang akan siapkan sampai 3 satuan pleton.

“Jadi sekitar 60 sampai 70 personel kalau yang biasa mungkin berkekuatan 40 orang,” ucap Dewa.

Disinggung mengenai apakah akan melibatkan bantuan kendali operasi (BKO) dari jajaran polres tetangga, Dewa mengaku sementara masih menggunakan personel internal Polres Lumajang.

“Kekuatan personel kita beserta polsek itu sekitar 540. Mungkin pada hari H ini kami akan pergunakan seperempatnya daripada keseluruhan, terutama dari polsek kami minta untuk membantu,” beber Dewa.

“Kami juga dibantu Satpol PP dan Dishub, meski (pada pertandingan salah satu cabor) sempat ada gesekan, tapi kami bisa kendalikan,” tambah Dewa.

Sebagai informasi, selama pelaksanaan Porprov VII Jatim 2022, Polres Lumajang mengamankan kurang lebih 15 venue kegiatan. Porprov Jatim VII 2022 sendiri digelar di empat daerah, diantaranya yakni Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo. Pembukaan olahraga yang digelar dua tahun sekali itu dilakukan pada, Sabtu (25/6/2022) malam, sementara penutupan rencananya akan dilaksanakan Minggu (3/7/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru