Capres-Cawapres Koalisi Gerindra-PKB, Waketum PKB: Tunggu Tanggal Mainnya

Jul 02, 2022 09:35
Koalisi Gerindra - PKB (istimewa)
Koalisi Gerindra - PKB (istimewa)

JATIMTIMES - Partai Gerindra dan PKB kian mesra. Kemesraan ini berujung kesepakatan membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Meski begitu, koalisi tersebut belum mengusung pasangan Capres dan Cawapres dengan figur Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar atau sebaliknya.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyampaikan, jika penetapan atau pengumuman pasangan capres-cawapres masih terlalu dini. Menurutnya tidak ada alasan untuk terburu-buru dalam penetapan capres dan cawapres. 

"InsyaAllah, tunggu tanggal mainnya," kata Jazilul Fawaid dikutip dari detik, Sabtu (2/7/2022).

Pihaknya saat ini justru memberikan kesempatan untuk masyarakat menerka-nerka tentang siapa figur tersebut. Sebab, pihaknya menyakini jika sosoknya tidak akan jauh seperti yang diharapkan oleh publik, antara Prabowo dan  Muhaimin Iskandar.

"Saya yakin keputusan akhirnya tidak akan jauh dengan harapan publik, antara mas Bowo dan Gus Muhaimin," terang pria yang akrab disapa Gus Jazil ini.

Ketua DPP PKB Lukmanul Kakhim mengatakan, sosialisasi kesepakatan dengan Gerindra ini akan disosialisasikan hingga ke tataran pengurus paling bawah. Diperlukan tahapan-tahapan agar dapat diterima oleh seluruh keluarga besar PKB dan Gerindra.

"Dua partai besar, gerbongnya sangat besar. Karena itu perlu tahapan-tahapan agar bisa diterima oleh seluruh keluarga besar PKB dan Gerindra," ujarnya.

Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani merespon koalisi tersebut. Partai Demokrat (PD) menyambut baik koalisi yang dibentuk Partai Gerindra dan PKB. Koalisi tersebut dinilai dapat mengantongi tiket mengusung capres di Pemilu 2024 karena telah melewati ambang batas perolehan kursi DPR 20 persen.

"Kami menghargai dan menghormati kesepakatan untuk berkoalisi yang telah terbangun antara Partai Gerindra dan PKB. Koalisi 2 partai ini telah cukup untuk mendapatkan tiket Pilpres 2024 melewati ambang batas 20 persen perolehan kursi di DPR," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru