Gejala Tak Umum Covid-19 yang Sering Dialami dan Tak Disadari

Jul 02, 2022 08:26
Ilustrasi kelelahan (pixabay)
Ilustrasi kelelahan (pixabay)

JATIMTIMES - Kini, gejala-gejala tak biasa kasus Covid-19 masih tetap harus diwaspadai. Seseorang yang terpapar Covid-19 umumnya mengalami gejala batuk dan demam. Namun, dengan munculnya varian-varian lain dari Covid-19, gejala yang dialami pun berubah. 

Aplikasi ZOE Covid Study mengungkap gejala Covid-19 yang paling banyak dialami pasien saat ini. Dikutip dari laman Express UK, kelelahan menjadi gejala Covid-19 terbanyak. Gejala inipun menjadi gejala yang banyak belum disadari masyarakat.

Aplikasi ZOE pun menyatakan, bahwa 82 persen orang mengalami kelelahan sebagai tanda awal terpapar Covid-19, dibandingkan dengan gejala pada umumnya, seperti demam, batuk maupun kehilangan indera penciuman dan perasa.

Meskipun begitu, kelelahan yang diakibatkan Covid-19 berbeda dengan kelelahan yang disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan seseorang dalam kegiatan sehari-harinya. 

Bahkan meskipun sudah beristirahat dan tidur nyenyak, kelelahan ini ini tetap terasa ada. Namun, menurut laporan ZOE, kelelahan juga merupakan gejala Covid-19 yang "kurang dikenal".

"Kelelahan ini tidaklah sama dengan perasaan lelah atau mengantuk yang normal. Ini adalah jenis kelelahan ekstrem atau perasaan yang hilang, tapi tetap ada meski sudah beristirahat atau tidur nyenyak," seperti dikutip dari Express.co.uk, Sabtu (2/7/2022).

Gejala ini juga dikaitkan dengan kondisi 'kabut otak' atau brain fog, yaitu kondisi yang menggambarkan pikiran lamban dan sulit untuk berkonsentrasi. Kelelahan ini biasanya muncul pada minggu pertama infeksi yang bisa terjadi pada semua kelompok usia dan berlangsung selama 5-8 hari, atau mengarah lebih lama lagi.

Meskipun kelelahan kurang umum pada anak-anak, tanda ini dapat menyerang pada usia berapa saja. Karena ketidakjelasan gejala ini, ZOE menambahkan hal itu mungkin menunjukkan berbagai masalah

"Dan banyak dari kita juga telah melihat perubahan dramatis dalam hidup kita termasuk rutinitas kita, cara kita bekerja, dan menjaga anak-anak dan kerabat yang lebih tua, yang juga dapat memengaruhi seberapa lelah kita," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru