Uji Coba Mesin Pyrolisis, Sehari Sampah di TPA Kota Batu Berkurang 80 Ton

Jul 01, 2022 18:45
Wali Kota Batu saat meninjau uji coba mesin pyrolisis di TPA Desa Tlekung, Jumat (1/7/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu saat meninjau uji coba mesin pyrolisis di TPA Desa Tlekung, Jumat (1/7/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu menargetkan tahun 2022 ini mengurangi 24 persen sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Pengurangan sampah itu bisa diwujudkan dengan hadirnya mesin pyrolisis dan pengelolaan sampah menggunakan sistem Pesat (Pengelolaan Sampah Terpadu).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pun langsung melihat uji coba mesin tersebut di TPA Desa Tlekung, Jumat (1/7/2022). Mulai dimasukkannya sampah plastik hingga masuk ke dalam mesin. Dewanti juga ikut memilah sampah plastik.

Saat ini di TPA Desa Tlekung mesin yang digunakan dengan kapasitas kecil. Mesin pyrolisis bisa mencapai temperatur 800 celsius. Dengan suhu setinggi itu, sampah B3 atau sampah medis bisa diolah dan dihancurkan dengan aman.

Abu hasil bakarannya bisa dipergunakan sebagai batu bata atau produk lainnya. Sementara itu, hasil sampah non-organik lainnya seperti plastik akan diolah kembali dengan cara bekerja sama dengan industri pengolahan sampah agar menjadi produk siap pakai.

“Itu tergantung dengan jenis sampah yang masuk juga,” kata Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan.

Aries menambahkan, dengan mesin yang digunakan saat ini mampu mengurangi sampah hingga 50 ton hingga 80 ton per hari. Sedangkan sampah yang masuk me TPA Tlekung sekitar 120 ton hingga 160 ton per harinya.

Dengan pengolahan sampah mulai dari pemilahan, pencacahan dan pemrosesan, DLH Kota Batu berupaya untuk bisa Zero Waste. “Ini upaya kami mengatasi permasalahan sampah di Kota Batu,” imbuhnya.

Sementara itu Dewanti merasa yakin apabila mesin pengolah sampah hasil kerja sama dengan PT Arta Asia Putra telah berfungsi dengan maksimal, maka permasalahan sampah di Kota Batu bisa teratasi. Dewanti juga menginstruksikan beroperasi hingga Malam hari.

“Nantinya mesin pengolah sampah tersebut akan dioperasikan hingga malam hari, Insya Allah seluruh sampah bisa kita selesaikan,” ujar Dewanti.

Bahkan nantinya PT Arta Asia Putra akan mempersiapkan mesin dengan kapasitas 200 ton per hari. “Harapannya permasalahan seperti bau sampah yang dirasakan warga bisa teratasi dan masalah sampah di Kota Batu tahun ini terselesaikan,” harap Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru