63 Ribu Siswa Dinyatakan Lolos UM-PTKIN, Cek Namamu Disini

Jul 01, 2022 12:52
Ilustrasi peserta UM-PTKIN (masagipedia)
Ilustrasi peserta UM-PTKIN (masagipedia)

JATIMTIMES - Sebanyak 63.717 peserta dari 142.716 pendaftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2022 dinyatakan telah lolos. Hasil ini secara resmi telah diumumkan Panitia Nasional PMB PTKIN secara online, Kamis, (30/6/2022). 

Dari total 63.717 tersebut, mereka yang lolos pada pilihan Program Studi (Prodi) pertama sebesar 83 persen. Untuk yang lolos pada pilihan kedua sebesar 10 persen dan peserta yang lolos pada pilihan ketiga sebesar 7 persen. 
Selain itu, juga terdapat peserta difabel yang diloloskan oleh panitia dengan jumlah sekitar 82 orang.

Ketua PMB PTKIN 2022 Prof Dr Imam Taufiq MAg menyampaikan, kelulusan calon mahasiswa baru pada UM-PTKIN secara resmi telah diumumkan. Kelulusan ini tentunya melalui pertimbangan-pertimbangan melalui sidang kelulusan yang dilakukan panitia nasional bersama seluruh panitia lokal pada masing-masing kampus PTKIN.

Pada sidang kelulusan ini, mengacu kepada nilai-nilai hasil ujian masing-masing peserta UM-PTKIN. "Berdasarkan evaluasi hasil ujian dan didahului lewat sidang kelulusan, akhirnya saat ini secara resmi kami sampaikan pengumuman kelulusan para peserta UM-PTKIN 2022," ungkapnya.

Usai pengumuman ini, tentunya para peserta haruslah mengikuti alur selanjutnya, yakni melakukan proses daftar ulang pada panitia lokal PMB PTKIN pada masing-masing PTKIN. Namun untuk mereka yang belum lolos, pihaknya menyampaikan tak usah berkecil hati. Sebab, mereka masih bisa mendaftar di PTKIN melalui jalur mandiri.

Kemudian terkait kegiatan tindak lanjut usai pengumuman, sebagaimana disampaikan oleh Prof. Imam bahwa para peserta dapat merujuk ketentuan daftar ulang pada panitia lokal(Panlok)PMB di PTKIN masing-masing, dan bagi peserta yang belum lulus seleksi, disarankan untuk mendaftar di PTKIN yang diinginkan melalui jalur mandiri yang diselenggarakan oleh kampus tersebut. 

“Selamat kepada para peserta yang lulusan. Dan bagi yang belum lolos, masih ada kesempatan kuliah di PTKIN lewat ujian jalur mandiri," paparnya. 

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi UM-PTKIN tahun 2022, dapat dilihat melalui laman http://pengumuman.um-ptkin.ac.id. Hasil pengumuman dapat diakses dengan melakukan login sesuai akun registrasi saat mendaftar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru