6 Manfaat Daun Pepaya, Bisa Kurangi Nyeri Haid hingga Cegah Risiko Kanker

Jun 30, 2022 07:57
Daun pepaya (Foto: GreenDNA)
Daun pepaya (Foto: GreenDNA)

JATIMTIMES - Buah pepaya memiliki rasa manis dan banyak disukai orang. Di sisi lain, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Salah satunya yaitu membantu susah buang air besar. Tak hanya buahnya saja, daun pepaya ternyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Seperti diketahui, daun pepaya terkenal akan rasanya yang pahit. Sehingga sedikit orang yang suka mengonsumsinya. 
Namun di balik rasa pahit itu ada nutrisi yang banyak di dalamnya. Kandungan nutrisi itu bisa membantu untuk mengatasi bermacam-macam gangguan kesehatan serta bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

Melansir melalui beberapa sumber berikut beberapa manfaat dari daun pepaya:

1. Menambah energi untuk tubuh

Meski rasanya agak pahit, ada keuntungan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Sehingga bisa membantu dalam menambah dan menyediakan tambahan energi pada tubuh. Hal ini bisa membantu agar tubuh kita lebih semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

2. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lain yang bisa didapat dengan mengonsumsi daun pepaya yaitu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bisa mencegah risiko terkena kanker. Hal itu disebabkan adanya sifat anti-kanker yang terkandung di dalam daun pepaya, sifat tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh memerangi kanker. 

Mengonsumsi daun pepaya juga dipercaya bisa membantu membuang racun yang ada dalam tubuh penyebab kanker.

3. Mengurangi nyeri haid

Dengan mengonsumsi daun pepaya yang diolah menjadi jus, ternyata bisa membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh haid atau menstruasi bagi kaum perempuan.

Kurang lebih setelah 2 jam mengonsumsi jus daun pepaya, nyeri yang disebabkan oleh haid akan berangsur menghilang.

4. Melancarkan pencernaan

Di dalam daun pepaya ada kandungan enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan. Daun pepaya juga bermanfaat dalam mengatasi perut kembung dan juga sembelit.

5. Mengurangi perubahan suasana hati

Dengan mengonsumsi daun pepaya rebus dipercaya membantu dalam mengatasi ketegangan emosional, seperti depresi, stres dan juga perubahan suasana hati.

6. Menyehatkan kulit

Daun pepaya juga mengandung vitamin E, A dan C yang cukup tinggi dibandingkan dengan buahnya. Hal ini menyebabkan daun pepaya punya manfaat dalam mengatasi beragam gangguan pada kulit, seperti kerutan, jerawat, dan juga pigmentasi yang berlebihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru