Perumda Tugu Tirta Kota Malang Jalani Audit SJPH, Langkah Wujudkan Malang sebagai Kota Wisata Halal

Jun 29, 2022 17:18
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas bersama jajaran direksi saat menerima Tim Auditor dari Sucofindo di TWUIN Command Center (TCC) Tugu Tirta, Rabu (29/6/2022). (Foto: Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)
Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas bersama jajaran direksi saat menerima Tim Auditor dari Sucofindo di TWUIN Command Center (TCC) Tugu Tirta, Rabu (29/6/2022). (Foto: Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menjalani audit Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) bersama Tim Auditor dari PT Sucofindo di Ruang TWUIN Command Center (TCC) Tugu Tirta, Rabu (29/6/22).

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas menyampaikan, bahwa kegiatan audit SJPH yang dilakukan oleh Tim Auditor dari PT Sucofindo berlangsung selama tiga hari. 

Pihaknya menyebut, langkah tersebut dilakukan oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang selaras dengan semangat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam mewujudkan Kota Wisata Halal. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen menjamin layanannya memenuhi persyaratan untuk mendukung Malang sebagai Kota Wisata Halal. 

"Seiring dengan semangat Pemkot Malang untuk mewujudkan Kota Wisata Halal, maka kami juga berkomitmen bahwa layanan air dari perpipaan Perumda Tugu Tirta juga mendukung hal tersebut," ujar Muhlas. 

Dalam pertemuan bersama Tim Auditor dari PT Sucofindo, Muhlas didampingi oleh jajaran direksi. Di antaranya Direktur Administrasi dan Keuangan M Syaifuddin Zuhri serta Direktur Teknik Ari Mukti. 

Dengan adanya proses audit yang dilakukan Tim Auditor dari PT Sucofindo terhadap Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, pihaknya berharap agar segala proses survei dan audit dapat berjalan dengan lancar. 

"Sehingga dapat memastikan bahwa produksi kami memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan. Jadi masyarakat Kota Malang dijamin mendapatkan layanan air minum yang sehat dan halal," terang Muhlas. 

Sementara itu, Tim Auditor dari PT Sucofindo terdiri dari tiga orang. Yakni Dahlia Fitria Narni sebagai Ketua Tim Auditor, serta Shofi Yasmin Nurain dan Aris Noor Hidayat sebagai anggota Tim Auditor dari PT Sucofindo. 

Ketua Tim Auditor Dahlia Fitria Narni mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan audit di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, pihaknya akan melakukan pengecekan meliputi sistem manual, prosedur, instruksi kerja, rekaman dan dokumentasi lainnya yang relevan dengan penilaian Tim Auditor. 

"Audit dilakukan dengan cara-cara antara lain wawancara, interview, kemudian mengambil foto instrumen, video untuk tau input dan output," terang Dahlia. 

Lebih lanjut, secara keseluruhan Tim Auditor dari PT Sucofindo akan melakukan verifikasi dokumen bahan; verifikasi alat dan proses, verifikasi fasilitas produksi; verifikasi dokumen kemampuan telusur dan audit internal; verifikasi dokumen kajian ulang manajemen. 

"Dilanjutkan peninjauan lapangan pada hari kedua dan ketiga lalu penyusunan catatan ketidaksesuaian audit tahap dua sebelum audit selesai," pungkas Dahlia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru