Dongkrak Pariwisata, Disparbud Kabupaten Malang Bentuk Komunitas Content Creator

Jun 28, 2022 20:37
Kegiatan Con.Create yang digelar Disparbud Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Kegiatan Con.Create yang digelar Disparbud Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang terus melakukan upaya untuk mendongkrak pariwisata. Upaya itu dilakukan dengan berbagai hal. Terbaru yakni dengan menggelar Content Creator Academy atau disebut Con.Create.

Acara tersebut dapat mempromosikan pariwisata di Kabupaten Malang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Di mana saat ini, teknologi informasi sudah banyak dimanfaatan oleh masyarakat untuk mempromosikan banyak hal melalui sebuah konten di media sosial.

Untuk itu, dalam kegiatan tersebut, Disparbud Kabupaten Malang ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat, utamanya anak muda yang ingin belajar membuat konten. Salah satu caranya, dengan memanfaatkan potensi wisata di Kabupaten Malang.

Plt Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara menjelaskan, puluhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan menjadibagian dari komunitas yang dibentuk oleh Disparbud Kabupaten Malang. Selain itu, nantinya, komunitas tersebut akan rutin ngonten bareng dengan Disparbud Kabupaten Malang ke area wisata. Seperti pantai, resort, kuliner dan lainnya.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini untuk membentuk komunitas konten kreator lokal Malang Raya, untuk menunjang daya tarik wisata di Kabupaten Malang dan turut memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN),” terang Made. 

Tak hanya itu, para peserta akan diberikan kesempatan untuk melakukan praktik membuat konten secara langsung di Shanaya Resort pada tanggal 28-29 Juni 2022. Mereka akan memanfaatkan spot yang telah disediakan. Seperti area cooking class, permainan UNO dan painting bagi anak-anak, glamping hingga fasilitas sepeda dan sojan.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan mengikuti kelas Content Principal yang mengajak mereka mengenal definisi content creating, mengenal profesi, proses bisnis dan sumber pendapatan content creator, mengenal perbedaan karakteristik platform digital serta mengenal genre/niche konten.

Kemudian, terdapat kelas Con.Create Mindset yang mengajak peserta untuk memahami etika dalam pembuatan konten, orisinalitas, copyright dan regulasi UU ITE, memahami soft skill content creator (growth mindset, time management), memahami strategi pemasaran konten dan membangun interaksi dengan stakeholder, memahami keterampilan komunikasi (networking, dealing, lobbying) hingga memahami personal branding.

Selain itu, peserta juga akan mengikuti kelas Content Planning, yang akan mengajarkan peserta teknik riset konten, melakukan ideasi konten, pemilihan target pemasaran konten dan platform, serta membuat naskah storyboard.

Terakhir, yakni Content Execution yang mengajarkan peserta tentang workflow produksi, persiapan dan instalasi gear, persiapan set (venue, wardrobe, talent), shot techniques, highlight, lighting, angle hingga motion.

Kegiatan itu pun ternyata mendapat antusias dari masyarakat. Terutama bagi kalangan pemuda yang sudah terbiasa membuat konten. Dari 130 peserta yang mendaftar, panitia mengkurasi hingga menjadi 27 peserta yang berkesempatan untuk praktik langsung membuat konten. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru