Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Malang akan Bentuk Zonasi Pertanian Cabai

Jun 28, 2022 19:17
Ilustrasi petani cabai.(Foto: Dokumen MalangTIMES).
Ilustrasi petani cabai.(Foto: Dokumen MalangTIMES).

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan membentuk zonasi pada pertanian cabai. Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat menekan harga cabai di pasaran. Sebab hingga saat ini, harga cabai di Kabupaten Malang cenderung masih tinggi di pasaran.

Naiknya harga cabai itu kerap terjadi. Beberapa kali waktu disebutkan bahwa kenaikan harga cabai, juga dipengaruhi musim hujan. Dimana berakibat pada turunnya jumlah produktivitas cabai.

Sementara itu, berdasarkan data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Bahan Pokok (Siskaperbapo), harga cabai di Jawa Timur berkisar di harga Rp 93.933 per kilogram.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Malang, Didik Gatot Subroto, saat ini pihaknya telah menyiapkan beberapa wilayah kecamatan yang dinilai dapat masuk dalam zonasi pertanian cabai. Harapannya, nantinya daerah-daerah tersebut dapat lebih optimal sebagai sentra pertanian cabai.

"Tentu kami melihat bahwa Kabupaten Malang potensinya banyak di pertanian. Tentu kami menyiapkan zona cabai itu ada di Karangploso, Pujon, Ngantang dan Kasembon," ujar Didik.

Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, sebagai langkah awal pihaknya akan membagikan bibit cabai kepada para petani di wilayah kecamatan yang disasar untuk zonasi pertanian cabai. Tujuannya sebagai stimulus dan masyarakat bisa terpacu. Terlebih untuk menjaga ketersediaan cabai di pasar.

"Kami ada dukungan bibit nanti yang diberikan oleh Dinas Pertanian dengan harapan warga masyarakat terpacu menanam cabai dan juga menjaga pasar. Kisarannya ada 100 ribu bibit lebih yang akan dibagikan," terang Didik.

Selain itu, pendampingan dari instansi terkait kepada petani maupun melalui kelompok petani dinilai juga perlu dilakukan. Tujuannya untuk menghindari adanya gagal panen. Sehingga, produktivitas bisa terus terjaga.

"Penyebab kenaikan harga cabai itu terkait dengan cuaca. Itu sangat menentukan di saat cuaca ekstrem cabai itu memang kesulitan," pungkas Didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru