Pemkab Malang Berguru Manajemen Sampah Organik ke Denmark

Jun 28, 2022 17:57
Bupati Malang HM. Sanusi saat menerima paparan dari DEPA.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi saat menerima paparan dari DEPA.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan upaya untuk pengelolaan limbah. Salah satunya limbah organik atau limbah ternak.

 Rencananya hal tersebut akan dilakukan melalui pengelolaan biogas. Hal itulah yang melatarbelakangi kunjungan Pemkab Malang ke Denmark dalam beberapa waktu terakhir.

Dalam lawatannya tersebut, Pemkab Malang ingin berguru untuk mereplikasi sistem yang diterapkan dalam pengelolaan limbah organik yang diterapkan oleh Denmark. Sebab, Denmark dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki pengelolaan sampah terbaik di dunia. 

"Dengan menerapkan pengelolaan yang mengutamakan sistem circular economy. Selain itu, (Denmark) memiliki pengolahan sampah organik dan biogas yang juga terbaik di kelasnya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kabupaten Malang Ahmad Zulfikar Nurrahman.

Pria yang akrab disapa Avi ini menjelaskan bahwa dalam hal tersebut, Pemkab Malang  akan menggandeng Danish Enviromental Protection Agency (DEPA) untuk manajemen sampah organik. Di sisi lain, Pemkab Malang juga telah melakukan MoU (nota kesepahaman) untuk pengelolaan sampah plastik dengan Alliance.

Bupati Malang HM. Sanusi bersama perwakilan beberapa daerah lain saat menerima paparan dari DEPA.(Foto: Istimewa).

"Ini ke DEPA minta dibantu penanganan limbah sampah organic dan limbah ternak melalui pengolahan biogas. Dan (pengelolaan) biogasnya bukan skala kecil tapi biogas plant besar," terang Avi. 

Dan secara khusus, lawatan ke Denmark  adalah untuk melihay blue print biogas plant yang ada di Denmark. Tujuannya agar mendapat technical assistant untuk bisa direplikasi dan diterapkan di Kabupaten Malang. 

"Melalui DEPA, Kabupaten Malang membuka peluang untuk membangun mixing biogas plant dalam rangka penanganan limbah organik, baik dari sampah organik maupun limbah ternak," pungkas Avi.

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan bahwa jika nantinya upaya-upaya tersebut menemui kesepakatan, maka akan ada kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Denmark melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan Kabupaten Malang menjadi salah satu objek dalam bentuk kerja sama tersebut.

"Akan dibantu DEPA (Danish Enviromental Protection Agency). Jadi nantinya, di Kabupaten Malang juga akan diakomodasi melalui KLHK yang bakal menjadi leading sector. Kesepakatannya antara Denmark dengan Indonesia melalui KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," terang Sanusi. 

Selain Kabupaten Malang, juga ada 4 daerah lain yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Yakni Kota Sawahlunto, Kota Jambi, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Sidoarjo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru