PMB Jalur Mandiri UIN Malang Masih Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Jun 28, 2022 11:34
Brosur pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri UIN Maliki Malang (Ist)
Brosur pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri UIN Maliki Malang (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Jalur Mandiri. Calon mahasiswa yang ingin mengikuti penerimaan jalur mandiri masih punya kesempatan. Sebab, pendaftaran dibuka hingga 22 Juli 2022.

Pelaksanaan ujian Jalur Mandiri akan berlangsung selama dua hari, yaitu 27-28 Juli 2022. Sementara itu, untuk jadwal pengumuman hasil seleksi mandiri akan diumumkan 3 Agustus 2022.

Pendaftaran terbuka untuk siswa SMA/MA/SMK lulusan tahun 2020-2022 untuk pendaftar Jalur Mandiri Tulis dan lulusan tahun 2021-2022 bagi pendaftar pada Jalur Mandiri Prestasi. Sedangkan untuk Jalur Beasiswa Teladan diperuntukkan pendaftar lulusan tahun 2020-2022.

Badrus, salah satu panitia PMB Jalur Mandiri UIN Maliki Malang menjelaskan, calon mahasiswa mandiri harus mengikuti prosedur di laman registrasi online terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran.

Calon mahasiswa bisa mengakses laman pendaftaran pmb.uin-malang.ac.id atau melalui laman https://reg.uin-malang.ac.id/login. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dengan benar. Setelah itu, para calon mahasiswa yang mendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran Rp 300 ribu pada sejumlah bank yang telah bekerjasama dengan UIN Maliki Malang.

"Calon mahasiswa mandiri harus mengikuti prosedur di laman registrasi online terlebih dahulu sebelum ke bank. Setelah itu, menunjukkan nomor pendaftaran online ke teller atau petugas bank," terangnya.

Setelah melakukan pembayaran ke bank, peserta kemudian akan mendapatkan bukti slip pembayaran dari bank. Bukti slip tersebut di dalamnya berisi login user dan password 8 digit.

"Untuk itu, bukti slip pembayaran administrasinya harus disimpan," ungkapnya.

Proses selanjutnya, peserta kemudian harus melakukan login mengunakan kode yang diperoleh dari bank. Peserta juga harus kembali mengisi biodata dengan benar, kemudian   melakukan pengunggah berkas. Setelah itu, proses selesai dan tinggal mencetak kartu tes.

Sementara itu, dalam Jalur Mandiri Prestasi dan Jalur Mandiri Tulis ini, Program Studi (Prodi) yang ditawarkan jalur mencakup Biologi, Farmasi, Fisika, Hukum Ekonomi Syariah (mu'amalah), Hukum Keluarga Islam (ahwal syakhsiyyah), Hukum Tata Negara, Kimia, Manajemen, Manajemen Pendidikan Islam, Matematika.

Kemudian, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Dokter, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Perbankan Syari'ah, Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Psikologi, Sastra Inggris, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Teknik Arsitektur dan Teknik Informatika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru