FK Unisma Lulus UKM-PPD 8 Kali Berturut-turut, Rektor: Kami Berorientasi pada Kemampuan Bukan Duit

Jun 28, 2022 10:35
Dari kiri: Wakil Rektor 4 Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P; Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi dan Dekan FK Unisma, dr Rahma Triliana, M.Kes., Ph.D (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Dari kiri: Wakil Rektor 4 Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P; Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi dan Dekan FK Unisma, dr Rahma Triliana, M.Kes., Ph.D (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK Unisma) kembali mencatatkan prestasi membanggakan. Dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKM PPD) untuk kali kedelapan mahasiswa FK lulus 100 persen.

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi menyampaikan, prestasi tersebut tentunya atas kerjasama seluruh pihak. Dalam penjaringan mahasiswa FK Unisma tentunya sangat mengedepankan penerimaan yang bersih. 

"Support kami adalah bagaimana penerimaan tanpa nepotisme. Kami menekankan pada kemampuan bukan pada duit. Kita tidak mau ada intervensi (mahasiswa titipan), itu kunci utama," kata Prof Maskuri, Selasa (28/6/2022).

Dalam penerimaan mahasiswa baru, tak dipungkirinya ada saja oknum yang mencoba melakukan intervensi dengan menitipkan anak atau saudaranya. Akan tetapi, kembali ditegaskan Prof Maskuri jika mahasiswa yang masuk FK Unisma adalah mahasiswa yang memang memiliki kemampuan. 

"Saya jawab sebagaimana mestinya. Kata saya kami khawatir kalau bisa masuk tak bisa keluar. Kalau sudah masuk, cost yang dikeluarkan semakin banyak. Tapi kalau dia tak bisa keluar, ini yang bikin sakit hati. Kami jelaskan sehingga alhamdulillah bisa memahami," paparnya.

Selain dengan penerimaan yang bersih, tentunya sarana dan prasarana terus diupayakan untuk ditingkatkan. Termasuk juga jejaring kerja baik dalam maupun luar negeri terus digalakkan.

"Suksesnya FK Unisma dalam UKM PPD delapan kali berturut-turut, tentunya juga tak lepas dari terciptanya atmosfer kolaboratif dan kompetitif," paparnya.

Untuk mencegah orangtua menjadi korban penipuan, Unisma juga mempunyai sebuah sistem. Melalui website resmi, segala macam pengumuman terkait penerimaan mahasiswa FK Unisma terdapat dalam website tersebut. Selain itu, ketika akan melakukan seleksi, para orangtua diundang untuk diberikan informasi terkait hal tersebut. 

"Kalau ada informasi melalui WA, itu adalah abal-abal. Semua terkait penerimaan melalui web dan surat formal. Kalau ada WA nyasar ke orangtua, maka clear-kan ke fakultas, atau jangan digubris," tegasnya.

Sementara itu, Dekan FK Unisma dr. Rahma Triliana, M.Kes., Ph.D menyampaikan, dalam UKM POD Periode Mei 2022 terdapat 33 peserta yang lulus 100 persen. UKMPPD diadakan setahun empat kali. Yaitu pada Februari, Mei, Agustus dan November.

"Hasil evaluasi di 2021, karena ujian empat kali, empat kali lulus 100 persen. Maka FK Unisma menduduki peringkat pertama. Sedang 2022 ini, FK Unisma baru mengikuti dua periode dan lulus 100 persen. Maka jika pada dua periode lagi bisa lulus 100 persen atau bisa mempertahankan maka kemungkinan besar bisa bisa jadi peringkat pertama lagi di tingkat nasional," jelasnya.

Capaian ini dijelaskan Rahma, tak lepas dari kerjasama seluruh pihak, baik itu universitas, para rumah sakit mitra maupun para alumni. Alumni FK Unisma, melalui metode body partner learning turut berperan serta dalam kesuksesan dalam UKM PPD. Dengan metode ini, mahasiswa yang belajar mendapatkan bimbingan dan share pengalaman dari para alumni. 

"Jadi itu semacam teman belajar yang diambilkan dari mereka kakak-kakaknya. Mereka membantu adik-adiknya lebih siap. Share pengalaman dan belajar intensif selama dua bulan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru