Serius Atasi Sampah Plastik, Bupati Sanusi Audiensi dengan Pemerintah Denmark

Jun 27, 2022 19:11
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Banyak hal yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk berkerja sama dengan Pemerintah Denmark. Mulai dari permasalahan lingkungan, sumber daya, energi, pertanian hingga upaya-upaya yang diproyeksikan untuk peningkatan perekonomian. 

Senin (27/6/2022) waktu Denmark, Bupati Malang HM. Sanusi dijadwalkan melakukan audiensi bersama Danish Enviromental Protection Agency (DEPA) bersama bersama Pemerintah Denmark. Selain itu, Bupati Sanusi, juga ada 4 perwakilan Kepala Daerah di Indonesia yang hadir. Yakni Kabupaten Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kabupaten Sidoarjo dan Jambi. 

Dalam audiensi yang dijadwalkan sejak pukul 07.00 waktu setempat itu, sudah ada beberapa hal yang rencananya akan dibahas. Salah satunya juga berkaitan dengan rencana pembangunan industri pengolahan sampah plastik di Kabupaten Malang. 

"Paginya akan perkenalan di kantor DEPA dan penjelasan strategi Denmark dalam pengurangan sampah. Siangnya akan ke balaikota Denmark untuk bertemu tim Walikota. Sorenya akan ke rumah H.C. Andersen dan diakhiri dengan simulasi teknologi pengangkutan limbah," ujar Sanusi kepada JatimTIMES melalui sambungan telepon. 

Sanusi menyebut bahwa jika memang menemui sebuah kesepakatan, Pemerintah Indonesia akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Denmark. Dan Kabupaten Malang menjadi obyek dari bentuk kerja sama tersebut. 

"Itu menindaklanjuti MoU soal rencana industri pengelolaan sampah. Akan dibantu DEPA (Danish Enviromental Protection Agency). Jadi nantinya, di Kabupaten Malang juga akan diakomodir melalui KLHK yang bakal menjadi leading sector. Kesepakatannya antara Denmark dengan Indonesia melalui KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," terang Sanusi. 

Ia menyebut bahwa dalam kesempatannya bertandang ke Denmark akan ia manfaatkan seoptimal mungkin. Selama kunjungannya di Denmark, ia juga didampingi oleh pihak Kedutaan Besar Indonesia di Denmark.  

"Kemarin itu, yang datang itu kedutaan besar Indonesia di Denmark sama Alliance. Nanti ada demo pengelolaan sampah mulai dari cara pengangkutan, armada dan pengolahan (limbah) di Pabrik," pungkas Sanusi. 

Sebagai informasi, selain Kabupaten Malang, dalam rencana menjalin kerjasama antara Indonesia dan Denmark, juga ada daerah lain yang kemungkinan bakal menjadi obyek. Yakni Kabupaten Solok, Sawahlunto, Sidoarjo dan Jambi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru