Tingkatkan Kemampuan Personel, BPBD Kolaborasi dengan PMI Gelar Pelatihan Water Rescue

Jun 26, 2022 19:09
Pemaparan materi pada pelatihan Water Rescue BPBD Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Pemaparan materi pada pelatihan Water Rescue BPBD Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mengikuti pelatihan water rescue yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang. Pelatihan tersebut digelar selama 3 hari sejak Jumat (24/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022) di Pantai Ungapan, Desa Sitiarjo, Kecamatan Gedangan. 

Pelatihan tersebut merupakan kolaborasi antara PMI dan BPBD Kabupaten Malang yang dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas masing-masing personelnya. Terutama dalam hal water rescue. 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, digelarnya pelatihan tersebut juga mengingat bahwa sebagian wilayah Kabupaten Malang berada di wilayah pesisir dan peristiwa kecelakaan air atau bencana juga kerap terjadi. 

"Dilakukan pelatihan terkait water rescue. Artinya, PMI mengajak BPBD untuk latihan bersama. Jadi bagi BPBD ini adalah kegiatan rutin. untuk refresh pengetahuan relawan tentang penanganan kegawatdaruratan bencana. Termasuk bentuk water rescue," ujar Sadono. 

Selain sebagai peserta pelatihan, dalam kegiatan tersebut BPBD juga menurunkan personelnya sebagai instruktur. Sebab, sebagian peserta merupakan relawan yang baru saja bergabung dengan PMI Kabupaten Malang. 

"BPBD ada 10 personel plus 3 personel jadi instruktur. Kami selalu latihan gabungan dengan PMI. Kebetulan PMI kan punya relawan-relawan baru. Artinya relawan baru ini diberi pelatihan dasar terkait water rescue," terang Sadono. 

Dari latihan tersebut, dirinya berharap agar ada peningkatan kualitas dan kapasitas personel dalam hal water rescue. Terutama berkaitan dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). 

"Jadi ada tim perahu, ada tim selam dan juga ada PPGD. Semua materi kita kemas dalam 3 hari. Jadi, selain diminta untuk mendatangkan personel sebagai pendamping dan instruktur, kami juga turunkan perahu karet beserta motornya dan beberapa peralatan rescue lain," pungkas Sadono. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru