Serunya Wali Kota Batu dan Wawali Goreng dan Nikmati Tempe On The Spot di Festival Beji Kampoeng Tempe

Jun 24, 2022 19:20
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menggoreng tempe. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menggoreng tempe. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Berbeda dari biasanya, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso dan Ketua PKK Kota Batu Wiby Asri Santoso pagi tadi  asyik menggoreng tempe. Mereka juga menikmati tempe yang digoreng dengan tepung itu bersama-sama para pengunjung, Jumat (24/6/2022).

Mereka hadir ikut menggoreng tempe untuk memeriahkan event yang sudah tiga kali hadir setiap tahunnya, yakni Festival Beji Kampoeng Tempe (FBKT)  di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Selain tiga  pejabat tadi,  ada 77 anggota PKK Desa Beji yang ikut menggoreng tempe bersama.

Ada beragam olahan tempe di sana yang dibuat. Mulai tempe goreng, tempe goreng tepung, mendol, keripik tempe, olahan kue, dan sebagainya. Tak kalah menariknya, bubrak tempe juga dilakukan.

Bubrak tempe merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan membagikan tempe yang tersusun layaknya tumpeng di festival tersebut. Sontak, para pengunjung yang datang pun langsung berbondong-bondong untuk mendapatkan tempe yang sudah disusun rapi itu.

Tak hanya itu. Dalam festival ini juga dilakukan penandatanganan untuk mendukung tempe menjadi warisan budaya tak benda. Juga gerakan makan tempe.

Kepala Desa Beji Deny Cahyono menginginkan hadirnya FBKT membawa dampak positif bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. Sekaligus untuk mewujudkan Desa Beji sebagai wisata edukasi tempe yang mengedepankan UMKM lokal.

“Desa Beji sebagai desa yang memproduksi tempat terbesar di Kota Batu. Jadi, adanya festival ini untuk mengangkat UMKM lokal,” ungkap Deny.

Kegiatan ini digelar untuk lebih mempromosikan potensi yang ada di Desa Beji. Apalagi tempe merupakan warisan turun-temurun karena sudah berpuluh-puluh tahun sebagai sentra produksi tempe sehingga tempe dijadikan warisna budaya tak benda di Kota Batu.

Ya saat ini di Desa Beji menawarkan paket wisata edukasi. Jadi, wisatawan yang ingin berwisata sambil mendapatkan edukasi khususnya tempe di Kota Batu bisa langsung ke sana.

Sementara, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberikan apresiasi terhadap kegiatan FBKT. Apalagi panitianya adalah pemuda karang taruna.

 "Saya bangga dengan adanya festival ini, Beji punya potensi yang kuat. Kita tinggal berkolaborasi dan memfasilitasi agar tempe menjadi sajian yang menarik," ujar Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru