Kembali Catat Keberhasilan, 4 Aplikasi ini Hantarkan Kota Malang Raih Penghargaan Digital Inovatif

Jun 24, 2022 15:08
Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan digital Inovatif secara langsung dari Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI I Nyoman Adhiarna di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Foto: Dok. Diskominfo Kota Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat menerima penghargaan digital Inovatif secara langsung dari Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI I Nyoman Adhiarna di Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Foto: Dok. Diskominfo Kota Malang)

JATIMTIMES - Sebanyak empat aplikasi Smart City yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil menghantarkan Kota Pendidikan ini untuk kembali meraih penghargaan. Kali ini, kategori Inovasi Digital di tingkat nasional yang digagas oleh Emtek Grup bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UMKM) RI berhas diboyong.

Keempat aplikasi Smart City yang telah diluncurkan tersebut di antaranya, Jobfair Active, Smart City Malang Menghimpun Data Berbasis Dasawisma (Sam Gepunbasa), Rekam Medis Veteriner (Redivet) dan layanan pengaduan Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (Sambat).

Penyerahan penghargaan kategori Inovasi Digital tersebut dikemas dalam acara bertajuk Merdeka Award yang di helat di Gedung Smesco Kementerian Koperasi dan UMKM RI di Jakarta, Kamis (23/6/2022). 

Foto bersama.

Penghargaan kategori Inovasi Digital itupun diterima langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, serta Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Malang Dony Sandito.

Wali Kota Malang Sutiaji menuturkan, bahwa agenda pemberian penghargaan kategori Inovasi Digital yang diterimanya ini dapat menjadi perantara bagi seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang untuk terus mengembangkan segala macam potensi yang ada, utamanya berkaitan dengan Inovasi Digital.

"Semoga ajang ini mampu menjadi jembatan bagi spirit merdeka bangsa dalam berbagai dimensi," ungkap Sutiaji dalam keterangan yang dikutip JatimTIMES.com, Jumat (24/6/2022). 

Foto bersama.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang ini menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan serta penghargaan Merdeka Award 2022 kategori Inovasi Digital untuk Kota Malang. Menurutnya, pemanfaat teknologi informasi atau digitalisasi dalam pelayanan publik maupun penyelenggaraan pemerintah, merupakan satu keniscayaan dan komitmen. 

"Berbagai inovasi digital yang dikembangkan semata untuk memberi kemudahan warga dan mengakselerasi percepatan pembangunan, serta bangkitnya ekonomi daerah," ujar Sutiaji.

Lebih lanjut, selama ini Pemkot Malang telah mengembangkan berbagai aplikasi sebagai wujud aktualisasi digitalisasi layanan publik serta Smart City. Tidak hanya untuk kebutuhan manusia, pengembangan aplikasi yang dilakukan Pemkot Malang juga menyasar layanan hewan peliharaan, yakni melalui Aplikasi Rekam Medis Veteriner (Redivet). 

Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital 
Direktorat Jenderal (Ditjen) Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI I Nyoman Adhiarna menyambut baik Merdeka Award 2022 ini. 

Pasalnya, gelaran seperti ini dapat menginspirasi generasi muda untuk mampu memanfaatkan teknologi digital dalam mendorong kemajuan literasi digital dan kecakapan digital. "Semoga program ini bisa mendorong lebih banyak lagi lahirnya tokoh-tokoh seperti yang muncul di panggung ini," pungkas Nyoman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota MalangWali Kota Malang Sutiajipenghargaan Kota Malanginovasi kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru