Petugas Pemadam Kebakaran Terjun Tangani Wabah PMK, Semprotkan Eco Enzym ke Kandang dan Lingkungan di Kota Batu

Jun 23, 2022 19:24
Petugas DPKP Kota Batu saat menyemprot kandang milik warga di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.
Petugas DPKP Kota Batu saat menyemprot kandang milik warga di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

JATIMTIMES - Penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Batu melibatkan petugas pemadam kebakaran. 

Petugas pemadam api ini diterjunkan untuk menyemprotkan air bercampur Eco Enzyme. Sasarannya, hewan ternak, kandang, hingga kawasan sekitar lingkungan hewan ternak di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

Ada 14 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP/ Kota Batu yang terjun di sana, Kamis (23/6/2022). Mereka datang untuk membantu peternak menyemprotkan Eco Enzyme yang saat ini efektif menyembuhkan PMK pada hewan ternak di Kota Batu.

“Jadi kami mendapati telepon dari warga membutuhkan bantuan untuk menyemprotkan Eco Enzyme, karena di sana banyak hewan ternak otomatis banyak kandangnya,” ucap Kepala Bidang Pemadaman, Penyelamatan dan Sarana Prasarana DPKP Kota Batu, Santoso Wardoyo.

Setelah mendapati informasi, mereka pun langsung bergegas menuju lokasi. Penyemprotan menggunakan Eco Enzyme pun dimulai pada jalan-jalan di Dusun Toyomerto. Hingga akhirnya pada kandang milik peternak.

Penyemprotan bermodalkan mobil tanki yang diisi Eco Enzyme, dengan menggunakan alat kompresor. Para petugas yang terjun pun dilengkapi dengan alat pelindung diri.

“Untuk fokus kami penyemprotan pada sapi, khususnya di sela-sela kuku,” tambah Santoso. Penyemprotan di seluruh dusun ini berlangsung dua hari.

Setidaknya menghabiskan 4 ribu liter untuk menyemprot sapi, kandang, hingga lingkungan Dusun Toyomerto. Sebelumnya para peternak memang sudah memberikan Eco Enzyme untuk hewan ternak.

Sedang dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu ada 1.384 ekor sapi yang terdampak. 32 ekor sapi di antaranya mati, 188 dinyatakan sembuh dan 57 ekor sapi tepaksa dilakukan potong paksa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemadam KebakaranSantoso Wardoyokampoeng kajoetangan heritagePMK.

Berita Lainnya

Berita

Terbaru