Pemkab Malang Perbaiki Jalan Akses Jalur Lintas Selatan

Jun 23, 2022 18:53
Ruas jalan di Gunung Geger yang sempat ditutup satu jalur oleh warga, karena rusak akibat longsor.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ruas jalan di Gunung Geger yang sempat ditutup satu jalur oleh warga, karena rusak akibat longsor.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang telah menentukan sejumlah titik sebagai sasaran perbaikan dan peningkatan jalan. Beberapa yang dibidik yakni di wilayah Kecamatan Pagak dan Kalipare. 

Berdasarkan informasi dan pantauan yang dilakukan di lapangan, beberapa ruas jalan merupakan akses menuju ke Malang Selatan. Juga termasuk sebagai jalan-jalan sirip untuk akses menuju jalur lintas selatan (JLS). 

Menurut Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni, perbaikan jalan di titik-titik tersebut dimaksudkan untuk mempermudah akses ekonomi warga. Termasuk dengan keberadaan tempat wisata yang ada di sekitarnya. 

"Kami juga melakukan perbaikan dan pembangunan di jalan-jalan sirip, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan pengembangan potensi pariwisata serta pertanian di Kabupaten Malang," ujar Romdhoni.

Berdasarkan catatannya, untuk kegiatan peningkatan dan perbaikan jalan di wilayah Malang Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menganggarkan biaya sekitar Rp 12 Miliar. Di Kecamatan Pagak ada sejumlah titik yang menjadi sasaran. 

"Sekitar Rp 12 miliar untuk perbaikan di beberapa titik di wilayah Malang Selatan, seperti di kawasan Gunung Geger, Kawasan Sempol, dan Desa Sumbermanjing Kulon, serta wilayah Kalipare," imbuh Romdhoni.

Pantauan di lapangan, di sekitar kawasan Gunung Geger Kecamatan Pagak, memang ada sejumlah titik yang jalannya rusak. Bahkan juga ada kerusakan yang diakibatkan tanah longsor.

Untuk mengantisipasi adanya peristiwa yang tidak diinginkan, beberapa warga sekitar juga ada yang berjaga di sekitar lokasi jalan rusak. Pasalnya juga ada ruas jalan yang hanya dibuka satu ruas karena rusak. Sehingga kendaraan yang melintas harus bergantian. 

"Untuk kawasan Gunung Geger itu panjangnya sekitar km, di kawasan Sempol pekerjaannya pemeliharaan jalan sepanjang 7 km dan di wilayah Desa Sumbermanjing Kulon pekerjaannya pemeliharaan sepanjang km. Di Kalipare itu kalau gak salah sekitar 1 km," jelas Romdhoni.

Selain itu, pihaknya juga berharap pemerintah pusat melalui APBN kembali mengucurkan anggaran untuk kelanjutan pembangunan JLS dari Donomulyo menuju Kabupaten Blitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPUBM Kabupaten MalangJalur Lintas SelatanRomdhoni

Berita Lainnya

Berita

Terbaru