Tak Bisa Kontrol Emosi, Coba Lakukan Teknik Ini

Jun 22, 2022 19:34
Foto Ilustrasi: Orang yang tidak bisa mengontrol emosi
Foto Ilustrasi: Orang yang tidak bisa mengontrol emosi

JATIMTIMES - Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya emosi. Ini adalah sesuatu yang normal terjadi di sekitar kita. Tindakan yang kita lakukan bisa dipengaruhi oleh emosi, tapi kita harus bisa untuk mengontrol emosi tersebut. 

Aktivitas menjadi ringan jika kita merasakan emosi dari energi positif. pengaruh emosi dari energi positif ini membawa benefit tersendiri. Berbanding terbalik jika kita tidak menyukai aktivitas tersebut, emosi kita bisa berubah menjadi energi negatif yang dapat mempengaruhi ke hal-hal yang negatif lainnya.

Maka sebab itu kita harus tahu dan bisa mengontrol segala macam emosi yang ada. Lebih lagi saat emosi negatif yang ingin meluap. Seperti saat kita marah, sedih, kalut, atau ingin meluapkan semuanya ke hal-hal negatif bahkan ingin merusak benda di sekitar.

Berikut beberapa cara untuk mengontrol emosi yang bisa kalian coba:

1. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan

Nafas pendek-pendek dan secara cepat biasa terjadi ketika kita sedang marah. Untuk mengatasi hal tersebut, tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dikeluarkan di mulut secara perlahan. Lakukan teknik ini selama beberapa menit. Teknik ini merupakan teknik pernafasan yang juga digunakan untuk mengontrol emosi agar mereda.

2. Menghitung angka

Cara lainnya untuk mengontrol emosi dengan berhitung. Menghitung angka dari 1 hingga 10 bisa efektif mengontrol saat kita marah. Jika masih tetap ingin meluapkan semua emosi, lanjutkan menghitung angkanya. Denyut nadi akan turun, kemarahanpun mereda ketika berhitung.

3. Buang pikiran buruk atau negatif 

Masalah pelik sedang melanda, otak lebih fokus cenderung memikirkan masalah itu tanpa memikirkan jalan keluarnya. Reaksi negatif dari pemikiran itu akan menciptakan pikiran asumsi buruk. Pikiran buruk itu menjadi hantu bayang-bayang yang menyebabkan emosi kita tidak stabil.

Cara untuk mengontrol salah satunya dengan membuang pikiran buruk atau hal negatif itu. Jangan stuck untuk memikirkan hal itu yang dapat menciptakan asumsi buruk itu terjadi. Menghindari pikiran tersebut dengan cara berhenti memikirkannya dapat meringankan beban yang ada walaupun sedikit demi sedikit

4. Memancarkan emosi positif

Tidak jauh berbeda dengan membuang pikiran buruk atau negatif, memancarkan emosi positif bisa dilakukan dengan mengeluarkan kata-kata positif. Dengan begitu tanpa disadari kata-kata positif bisa merubah mindset yang awalnya pikiran terpuruk membelenggu menjadi terbuka dan dapat menemukan jalan keluarnya. Seperti “Rileks”, “aku pasti bisa”, dan “aku akan baik-baik saja” adalah beberapa contoh yang bagus untuk memancarkan emosi positif.

5. Berolahraga atau relaksasi otot

Cara mengendalikan emosi lainnya dengan bersepeda, jogging, meregangkan otot-otot dapat membuat tubuh menjadi baik secara tidak langsung juga mengalihkan emosi negatif. 

Pikiran tidak akan terganggu oleh emosi negatif dengan melakukan aktivitas olahraga atau relaksasi otot ini. Menggerakkan kepala, melakukan strech body cukup beberapa gerakan dapat membantu mengontrol emosi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
sektor pangan agribisnistips redakan emosi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru