Wisawatan yang Hilang di Gunung Bromo Ditemukan Selamat

Jun 21, 2022 15:30
Potongan video proses evakuasi wisatawan hilang di Gunung Bromo.(Foto: Istimewa).
Potongan video proses evakuasi wisatawan hilang di Gunung Bromo.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Wisatawan asal Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) yang hilang di kawasan Gunung Bromo, akhirnya ditemukan pada Selasa (21/6/2022). Sebelumnya, wisatawan yang mengendarai sepeda motor ini dikabarkan hilang sejak Minggu (19/6/2022) lalu. 

Roni ditemukan di bawah tebing di sekitar Mendongan yang lokasinya tak jauh dari lokasi motor miliknya ditemukan. Ia ditemukan oleh tim relawan gabungan yang bertugas dalam operasi pencarian tersebut. 

"Sekarang ini masih menunggu proses evakuasi. Membutuhkan waktu untuk proses evakuasi karena kondisi medan yang berat," ujar Anggota TRC Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sarianto. 

Beruntungnya, Roni ditemukan dalam keadaan selamat. Meskipun, kondisi tubuhnya nampak lemas, dan terlihat sedikit linglung. Hal tersebut diperkirakan karena yang bersangkutan belum makan. 

"Kondisi tubuhnya lemas, karena tidak makan dan minum. Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi korban, karena medan yang curam menyulitkan proses evakuasi," terang Sarianto.

Sebelum Roni ditemukan, proses pencarian yang dilakukan pada Selasa (21/6/2022) membutuhkan waktu kurang lebih selama 2,5 jam. Dan juga sempat terkendala faktor cuaca. Dimana kabut tebal yang ada di sekitar Gunung Bromo sempat menghambat proses pencarian korban. 

"Pencarian tadi sempat tertunda. Tim mulai bergerak lagi mencari tubuh korban pukul 09.00. Sebab di sekitar lokasi kabut tebal, sehingga harus menunggu kabut hilang terlebih dahulu," jelas Sarianto.

Setidaknya ada sebanyak 80 personel gabungan yang dilibatkan dalam operasi pencarian tersebut. Selain dari pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), jiga ada dari Basarnas, BPBD Kabupaten Malang, BPBD Pasuruan, BPBD Probolinggo, Polri serta relawan Malang Raya. Keseluruhan personel dibagi menjadi 4 tim. 

"Selain menyisir lautan pasir Gunung Bromo, tim juga disebar di beberapa titik. Salah satunya di lokasi ditemukan motor milik korban," pungkas Sarianto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bantuan untuk difableGunung BromoBPBD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru