Terus Melangkah Maju, Unisma Jalin MoU dengan Tiga PTN Besar

Jun 20, 2022 19:07
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi saat melakukan MoU dengan ITS (Ist)
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi saat melakukan MoU dengan ITS (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) terus memperluas jaring kerjasama dalam upaya pengembangan kampus. Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) itu meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) besar di Indonesia, Senin (20/6/2022). Tiga PTN yang dimaksud yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri, MSi menyampaikan, lingkup kerjasama yang terjalin antara Unisma dengan tiga PTN ini adalah terkait pengembangan Tri Dharma Perguruan tinggi. Dalam kerjasama ini mengerucut pada support teknologi kesehatan. Dalam hal ini, ITS memberikan support melalui alat-alat teknologi kesehatan.

Selain itu, tentu dalam penerapan atau implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan bagian atau point yang ada dalam kerjasama. Seperti halnya pertukaran mahasiswa dan kegiatan positif dan saling menguntungkan lainnya.

"Implementasi MBKM mahasiswa kami akan saling bersinergi. Yakni mahasiswa Unisma kuliah di ITS, begitu juga sebaliknya. Mahasiswa ITS kuliah di Unisma," katanya.

Jalinan MoU dengan Unair, lingkup kerjasama yang terjalin adalah kaitan dengan penelitian dosen. Hal ini guna mendukung percepatan publikasi ilmiah di Unisma. Dosen atau tenaga expert di Unair nantinya akan melakukan pendampingan terhadap para dosen Unisma.

Bukan hanya itu saja, pengembangan kelembagaan seperti akreditasi kampus, juga menjadi salah satu tujuan kerjasama Unisma. Unair telah memiliki pengalaman dalam akreditasi internasional. Karena itu, dengan pengalaman yang dimiliki oleh Unair, diharapkan bisa memberikan pendampingan kelembagaan terhadap Unisma.

"Bahkan ada satu hal yang menarik tadi disampaikan oleh Unair bahwasanya mahasiswa luar negeri yang ada di Unair. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa luar negeri Unair akan kuliah di Unisma," terangnya.

Sementara itu, jalinan kerjasama dengan Unesa, terkait dengan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Pengembangan SDM tentunya selaras dengan pengembangan dan pengamalan tri dharma perguruan tinggi, baik itu di bidang pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pihaknya berharap, jalinan MoU ini dapat menjadi simbiosis mutualisme atau memberikan dampak positif bagi semua pihak. Selain implementasi MBKM, jalinan MoU ini tentu juga memenuhi Indikator Kerja Utama (IKU).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UnismaRektor Unismahonorer kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru