Sepekan Operasi Patuh Semeru 2022 di Kota Batu, 1.830 Pelanggar Terjaring

Jun 20, 2022 15:28
Polres Batu saat mengamankan pengendara kendaraan berknalpot brong di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Polres Batu saat mengamankan pengendara kendaraan berknalpot brong di Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sepekan sudah Operasi Patuh Semeru 2022 berlangsung di Kota Batu.  Dalam durasi waktu itu, jumlah pelanggaran lalu lintas sebanyak 1.830.

Rinciannya, pelanggaran lalu lintas electronic traffic law enforcement (E-TLE) statis sebanyak 1.733 pelanggar. Sementara yang tertangkap kamera E-TLE mobile sebanyak 97 pelanggar.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani mengatakan, dalam sepekan melakukan operasi di lapangan, banyak ditemui pengendara roda dua yang ugal-ugalan. Ada juga yang tertangkap kamera E-TLE mobile karena melanggar tata tertib lalu lintas.

“Saat kami melakukan patroli di kawasan  Jalan Raya Cangar, Kecamatan Bumiaji, mendapati informasi warga kalau banyak pengendara yang ugal-ugalan. Banyak juga yang menggunakan knalpot brong,” ungkap Citra.

Karena itu, Satlantas Polres Batu terus menggiatkan serta meningkatkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh). Juga memberikan imbauan tertib berlalu lintas, teguran simpatik, patroli E-TLE mobile dan penilangan secara elektronik.

Citra pun mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi dan disiplin dalam peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya. “Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, khususnya di Kota Batu,” ujar dia.

Operasi Patuh Semeru ini masih akan berlangsung hingga 26 Juni mendatang. Sasaran pelanggaran yang bakal ditindak antara lain tidak menggunakan helm SNI, berkendara melebihi batas kecepatan, melawan arus lalu lintas, pengendara di bawah umur dan tak memiliki SIM.

Lalu berkendara di bawah pengaruh alkohol, bermain handphone, berboncengan melebihi kapasitas, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan truk ofdol (over-dimensi over-loading).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Operasi Patuh SemeruPolres BatuBerita Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru