Viral Video Ustaz Adi Hidayat saat Jawab Gus Miftah Sejak Kapan Rendang Punya Agama

Jun 20, 2022 10:50
Ustaz Adi Hidayat (Foto: IST)
Ustaz Adi Hidayat (Foto: IST)

JATIMTIMES - Video Ustaz Adi Hidayat (UAH) saat menjawab pertanyaan Gus Miftah sejak kapan rendang punya agama viral di media sosial. Bahkan, nama Ustaz Adi Hidayat masuk top trending Twitter sejak Minggu (19/6/2022) malam. 

Hal itu terjadi setelah video ceramahnya viral saat menanggapi pernyataan Gus Miftah soal rendang sejak kapan punya agama. Video viral itu diunggah akun Twitter @yaniarsim, Minggu (19/6/2022).

"Buat (Gus Miftah) @pgmoraaji, ini jawaban Ustaz Adi Hidayat tentang sejak kapan rendang punya agama," cuit @yaniarsim pada caption video. 

Dalam unggahan itu menampilkan video pernyataan Gus Miftah dan video ceramah Ustaz Adi Hidayat. 

"...Eh ngomong-ngomong, sejak kapan ya rendang punya agama?" tanya Gus Miftah. 

Usai potongan video Gus Miftah itu, kemudian dilanjuti video ceramah Ustaz Adi Hidayat sebagai jawaban pernyataan Gus Miftah. 

"Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan," jawab Ustaz Adi Hidayat. 

Lebih lanjut, Ustaz Adi juga mengatakan bahwa seandainya batik telah menjadi budaya Indonesia dan diklaim oleh negara lain, pasti masyarakat Indonesia dengan tegas akan menolak. 

"Pertanyaannya sejak kapan batik punya kewarganegaraan? Kan sama saja. Artinya itu adalah pertanyaan yang tidak berfaedah karena itu sudah menjadi budaya yang melekat," jelas Ustaz Adi lagi. 

Menurutnya dalam kaidah ushul fiqh dikatakan "al adatu muhakkamah", yang artinya kalau sesuatu sudah melekat, sudah baik dikenal dan menjadi adat, maka ia jadi hukum. Artinya jika sudah jadi hukum, maka dikenal oleh masyarakat. 

Kalau berbeda dengan itu, maka akan ada sesuatu yang menyimpang. Begitu juga dengan rendang. 

Seperti diketahui, rendang merupakan produk masyarakat khas Minang, budaya di Minang falsafahnya berbunyi adat bersanding syariat, syariat bersanding kitabullah. Oleh sebab itu setiap yang keluar dari Minang lekat dengan syariat walaupun produk makanan. 

"Jadi jangan tanyakan tentang agamanya, kalau bertanya tentang agama pada makanan itu pertanyaan kurang kerjaan," turut Ustaz Adi Hidayat.

Video itu pun langsung mengundang pro kontra dari warganet.

@hasim_suhastra: "Sama-sama berkelas sih, tapi beda ilmu beda adab beda wawasan dan beda pengetahuan."

@PurwatiRahayu5: "Ustaz Adi Hidayat memang lebih berkelas."

@arzuhdi: "Ehmm..berarti harus tarik sejarah rendang dan tanah Minang..konon rendang sudah ada sejak org Minang masih menganut animisme jauh sebelum mengenal agama..jadi??"

@kjisamsoe: "Tanpa mengurangi rasa hormat sy pada ust Adi Hidayat. Menurut sy Pertanyyan "sejak kapan rendang punya agama" di qiyas kan dengan "sejak kapan batik punya kewarganegaraan" itu sangat tidak cocok."

@dandum_13: "Setiap ada perdebatan yang mengusung 'SARA' saya memang selalu mencari jawaban dari Ust Adi Hidayat. Karena cara berpikirnya berdasarkan ilmu dan netral. JazakAllah, semoga ulama seperti Adi Hidayat dilindungi Allah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ustaz Adi HidayatGus Miftahrendang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru