Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Alfamart Bagikan 1.000 Kantong Belanja dan Aktif Tanam Pohon

Jun 19, 2022 14:11
Wali Kota Malang Sutiaji ketika memberikan bibit pohon dan kantong belanja non plastik dari Alfamart dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Taman Gayam, Kota Malang, Minggu (19/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji ketika memberikan bibit pohon dan kantong belanja non plastik dari Alfamart dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Taman Gayam, Kota Malang, Minggu (19/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Di momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Kota Malang, PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Malang membagikan 1.000 kantong belanja non plastik kepada masyarakat Malang Raya dan berperan aktif untuk turut serta menanam pohon. 

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di Kota Malang tersebut, turut hadir Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto, Pembina Kader Lingkungan Kota Malang Wasto, Anggota DPRD Kota Malang Arief Wahyudi, Deputy Branch Manager Alfamart Cabang Malang Sugiharto, Camat dan Lurah se-Kota Malang, serta perwakilan dari instansi dan organisasi kemasyarakatan. 

Deputy Branch Manager Alfamart Cabang Malang Sugiharto mengatakan, sebagai bukti nyata Alfamart mendukung pemerintah dalam pelestarian lingkungan dan pengurangan penggunaan plastik, maka di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, pihaknya membagikan 1.000 kantong belanja non plastik kepada masyarakat.

"Kalau support dari Alfamart kita membantu dalam hal sumbangan kantong belanja non plastik, ada 1.000 kantong belanja yang nanti bisa dipergunakan untuk belanja di mini market manapun," ungkap Sugiharto kepada JatimTIMES.com, Minggu (19/6/2022). 

Selain itu, pihaknya juga terlibat aktif dalam melakukan penanaman pohon. Seperti tahun 2021 lalu, Alfamart telah membagikan total 1.000 bibit pohon. Di tahun 2022 ini, kegiatan Alfamart dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan juga beragam. Mulai dari penanaman pohon hingga pembagian kantong belanja non plastik. 

"Ini menjadi salah satu program kami yakni program clean and green dari enam program besaran kami, ini untuk lingkungan hidup yakni clean and green," terang Sugiharto. 

Menanam pohon.

Sementara itu, Pembina Kader Lingkungan Kota Malang Wasto mengucapkan terima kasih atas peran aktif Alfamart dalam mendukung pemerintah melestarikan lingkungan. Di mana upaya dari Alfamart tersebut juga nampak di kegiatan bulanan dari Kader Lingkungan untuk pelestarian lingkungan. 

"Kegiatan rutin setiap bulan Kader Lingkungan itu selaku menanam dan menanam, dan bibitnya selalu disiapkan oleh Alfamart dan selalu saya minta ketinggian 1,5 sampai 2 meter," jelas Wasto. 

Pihaknya beralasan, bibit pohon setinggi 1,5 meter sampai 2 meter tersebut untuk mencegah kematian pohon ketika musim kemarau tiba. Pasalnya, jika bibit pohon masih kecil dibawah ukuran 1,5 meter akan mempermudah bibit pohon mati ketika musim kemarau. 

Lebih lanjut, terkait peran serta Alfamart Cabang Malang yang membagikan 1.000 kantong belanja non plastik, pihaknya merespons positif. Wasto berharap Kader Lingkungan Kota Malang dapat menjadi teladan dan contoh masyarakat lainnya dalam pelestarian lingkungan. 

"Saya kasih motivasi, jangan semata-mata karena adanya peraturan pemerintah, tetapi akan lebih bagus jika tumbuh kesadaran. Sehingga kalau nanti belanja ke pasar, itu harapannya membawa kantong belanja itu, dan setiap jenis belanjaan tidak dibungkus tas kresek," tutur Wasto. 

Jika gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik di kehidupan sehari-hari secara masif dilakukan, maka nantinya akan tumbuh kesadaran di masyarakat cinta terhadap lingkungan. Hal itu akan mengurangi sampah signifikan yang berisiko terhadap lingkungan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Alfamart Cabang MalangSugihartoSutiajiHari Lingkungan Hidup

Berita Lainnya

Berita

Terbaru