Usung Tema Peran Mahasiswa Hadapi Kebijakan, 3 Mahasiswa Prodi Manajemen Unikama Raih Juara III Lomba Debat

Jun 19, 2022 12:31
Tiga mahasiswa Unikama yang menjadi juara III lomba debat SE Malang Raya (Ist)
Tiga mahasiswa Unikama yang menjadi juara III lomba debat SE Malang Raya (Ist)

JATIMTIMES - Torehan prestasi kembali diukir mahasiswa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Tim Debat Unikama yang tampil dalam Lomba Debat Pekan Dies Natalis Ke-21 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang (Unitri) se-Malang Raya, sukses meraih gelar juara III.

Tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa program studi Manajemen, yakni  Nurul Khodaifi, Nadia Ike Febiyanti dan Bergita Rini, dalam perlombaan debat itu mengusung tema "Peran Mahasiswa dalam menghadapi kebijakkan pemerintah terkait pembangunan dan pertumbuhan ekonomi untuk mencapai Indonesia emas 45".

Materi yang disampaikan dalam debat, sesuai tema, yakni berkenaan dengan kenaikan BBM, kebijakan Malang Halal City dan kebijakan food estate di Indonesia yang mempunyai dampak pada berbagai aspek kehidupan.

Nurul Khodaifi, salah satu anggota tim debat Unikama menyampaikan, persiapan yang dilakukan cukuplah singkat. 
Dua Minggu sebelum lomba dilaksanakan, gencar melakukan persiapan. Tim Unikama terus berusaha membangun argumentasi dengan merujuk kepada berbagai literatur seperti buku, jurnal, artikel, maupun literatur lainnya. 

"Untuk kesiapan, pertama kita modal nekad dan kita juga  mulai mempersiapkan argumen baik itu bentuk jurnal atau dari sharing sama teman," tuturnya.

Atas capaian yang di raih, pihaknya menyampaikan rasa bangga dapat berpartisipasi mengharumkan nama Unikama. 
Selain itu, pengalaman berharga hingga relasi baru juga diperoleh oleh tim. Hal ini tentu menjadi sebuah motor untuk meningkatkan kemampuan anggota tim.

Dalam kesempatan ini, ia juga membagikan tips kepada para mahasiswa Unikama lainnya untuk juga dapat berprestasi. 
"Tipsnya saya tidak pernah menganggap musuh lawan, namun teman dalam berkontestasi. Maka andaikan tidak juara saya gak berat hati karena yang dapat juara teman saya. Dan tetap tekun belajar, meski tidak ada lomba," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, prestasi yang diraih oleh tim, tentunya tak lepas dari dukungan kampus. Berbagai fasilitas pendukung telah disediakan kampus, sehingga meskipun berjauhan tim debat Unikama tetap dapat berkomunikasi dengan sangat baik.

"Tentunya prestasi ini dipersembahkan sepenuhnya atas nama Unikama, yang melatarbelakangi pertemuan kami bertiga dalam menuntut ilmu di kampus ini," jelasnya.

Terakhir, ia berharap Unikama dapat membuat suatu forum kecil yang dapat mengembangkan skill terutama dalam bidang perdebatan. Sehingga kemampuan tim debat Unikama semakin meningkat dan nantinya mampu untuk menjuarai ajang yang lebih tinggi, baik ditingkat nasional ataupun internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Unikamamahasiswa unikamaNakhoda Gerindra Lamongan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru