Setelah "Pacaran Diam-Diam" Bersama PKS-Demokrat, PKB "Malam Mingguan" dengan Gerindra Menuju Pilpres 2024

Jun 19, 2022 09:05
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Foto: Instagram)
Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Tiga partai politik Indonesia, yakni PKB, Partai Demokrat (PD), dan PKS,  sudah diam-diam “pacaran” untuk berkoalisi menuju Pilpres 2024. 

Sebelumnya tiga partai lain sudah lebih dulu berkoalisi menyongsong Pilpres (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden) 2024, yakni Golkar, PPP dan PAN.  Ketiga partai tersebut membentuk kerja sama dengan komposisi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Tetapi, setelah pacaran dengan Demokrat dan PKS, belakangan PKB ternyata  sudah sepakat menjalin kerja sama dengan Partai Gerindra untuk menghadapi Pemilu 2024.

Kerja sama  PKB dan Gerindra ini disepakati dalam pertemuan di kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2020). Saat itu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama rombongan 'malam mingguan' bersama Prabowo dkk. Cak Imin tampak ditemani oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid. 

Prabowo Subianto pun lantas mengungkap hasil pertemuannya dengan Cak Imin. Prabowo menyebut, dari hasil pertemuan itu, terjalin kerja sama antara Gerindra dan PKB untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Malam hari ini saya mendapat kehormatan menerima beliau ketum PKB di Kertanegara Nomor 4 ini dan kita melanjutkan pembicaraan-pembicaraan yang intensif. Tentunya kita semua sadar bahwa bangsa kita, negara kita akan menghadapi proses politik menjelang 2024 pilpres, pileg dan di ujungnya pilkada. Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting," ucap Prabowo. 

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan Gerindra dan PKB siap menjalankan tanggung jawab tugas kenegaraan tersebut. Ia menegaskan akan melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam di rumah Prabowo. Ia mengatakan dengan pertemuan itu semakin menguat kerja sama di antara kedua partai. 

"Alhamdulillah malam hari ini semakin menguat kerjasama itu sampai pada kesimpulan apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerjasama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan pilpres, pileg dan pilkada di 2024," ujar Cak Imin. 

Cak Imin lantas berharap kerja sama ini juga bisa terjalin dengan partai lain. Menurut dia, PKB dan Gerindra memiliki visi misi yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil dan sejahtera sehingga terbentuk kerja sama.

"Jadi apa? Partai kebangsaan yang religius dan partai religius yang nasionalis kebangsaan," kata Prabowo. "Demi kebangkitan Indonesia Raya," tambah Cak Imin.

Namun, hingga berita ini ditulis, belum diketahui apakah Gerindra akan turut berkoalisi bersama PKB, PKS dan Partai Demokrat sehingga membentuk komposisi atau kerja sama menuju Pilpres 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Partai Kebangkitan BangsaBerkendara pakai sandal jepitPartai GerindraPrabowo SubiantoMuhaimin Iskandar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru