Pastikan Kemudahan Berinvestasi di Kabupaten Malang, Bupati Sanusi: Kalau Ada Pungli, Berarti Menantang Undang-Undang

Jun 18, 2022 15:59
Bupati Malang HM. Sanusi bersama CEO PT. Indo Jaya Property Grace Tagore selaku pengembang Samaview Residence. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)
Bupati Malang HM. Sanusi bersama CEO PT. Indo Jaya Property Grace Tagore selaku pengembang Samaview Residence. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada investor yang mau berinvestasi di wilayah Kabupaten Malang. Sebab, hal tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menguatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang. 

Bahkan Bupati Malang HM. Sanusi menjamin bahwa kemudahan iklim investasi tersebut akan didapat bagi para calon investor. Menurut dia, jaminan tersebut diberikan dengan kemudahan proses perizinan bagi para calon investor. 

Dalam proses perizinan, selain kemudahan, Sanusi juga menjamin prosesnya dapat dilaksanakan dengan begitu cepat. Dan Sanusi memastikan tidak ada biaya atau pungutan apa pun selain pungutan yang memang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui undang-undang. 

"Saya jamin tidak akan ada pungli (pungutan liar) atau pungutan apa pun jika ingin berinvestasi di Kabupaten Malang kecuali pungutan yang ada di undang-undang. Kalau ada yang seperti itu, berarti kan menantang undang-undang," ujar Sanusi saat ditemui dalam groundbreaking Samaview Residence, Sabtu (18/6/2022).

Bukan hanya sekadar wacana. Hal tersebut salah satunya ia tunjukkan dengan dimulainya pembangunan proyek hunian Samaview Residence. Pengurusan perizinan hunian ini sudah dapat dirampungkan dalam kurun waktu satu minggu saja. 

"Ini bagian dari komitmen Pemkab Malang untuk mendapatkan investor. Beberapa sudah ada hotel bintang 4 dan sekarang memang sudah waktunya bintang 5. Nah ke depannya saya berharap, para investor di bidang perhotelan maupun kuliner bisa berinvestasi di Kabupaten Malang. Dengan pemberian fasilitas mudah dan cepat dalam perizinan serta tidak ada biaya selain yang telah ditetapkan oleh negara. Ini (proses perizinan Samaview Residence) seminggu jadi," terang Sanusi. 

Bukan hanya itu. Selain menjamin dalam kemudahan proses perizinan, Pemkab Malang melakukan hal lain sebagai bentuk dukungan atas masuknya investasi. Yakni dengan memberikan dukungan ke dalam bentuk penguatan infrastruktur. 

"Karena infrastruktur akan kita arahkan sesuai arahan Pak Jokowi, bahwa setiap APBD yang dikeluarkan untuk membiayai pembangunan nanti juga diproyeksikan untuk bisa mengungkit perekonomian. Maka bagi investor yang ada di Malang, nanti Pemkab (Malang) yang akan membangun fasum (fasilitas umum)-nya, seperti jalan umum," jelas Sanusi.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan bahwa proyek hunian Samaview Residence ini bakal menjadi pioner. Dan ke depannya, diharapkan semakin banyak investor yang berinvestasi ke Kabupaten Malang. Apalagi, Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah yang memiliki wisata alam terbanyak. 

"Samaview ini merupakan pioner di Kabupaten Malang untuk hotel berkualitas bintang 5, yang ke depannya akan kita arahkan untuk menjadi pusat wisatanya untuk bisa stay dan bermukim di sini dalam rangka liburan yang. Harapan ke depannya, nanti investasi bisa kuncul.di Kabupaten Malang karena wisata alam yang paling banyak ada di Kabupaten Malang," pungkas Sanusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Investasi di Kabupaten Malangvirus more eggskemudahan investasiBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru