Prabowo Tak Masuk Capres NasDem, Begini Respons Gerindra

Jun 18, 2022 15:39
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (PartaiGerindradotordotid))
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (PartaiGerindradotordotid))

JATIMTIMES - Partai NasDem mengumumkan tiga nama bakal calon presiden (capres). Namun dari tiga nama tersebut, tidak terdapat Prabowo Subianto. 

Ketiga nama itu yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Merespons hal itu, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan,  Partai Gerindra tak mempermasalahkan hal tersebut. Meski Prabowo tak masuk dalam capres yang diusung NasDem, phaknya tetap mengapresiasi keputusan NasDem mengumumkan tiga nama bakal capres untuk Pilpres 2024.

"Apa yang disampaikan dalam keputusan rakernas Partai NasDem, tentunya kami Partai Gerindra juga mengapresiasi dan tidak ada masalah bagi kami," ujar Dasco.

Menurut dia,  pengusungan tiga nama bakal capres NasDem merupakan hal yang baik dan merupakan dinamika demokrasi. Pihaknya juga menyebut hal tersebut tentunya akan membuat demokrasi di Indonesia bertambah baik.

Prabowo Subianto dan Ketum NasDem  Surya Paloh pernah menggelar sebuah pertemuan. Tetapi, saat itu, belum membahas terkait masalah politik.

"Ya nggak ada masalah. Kami kemarin itu adalah kunjungan silaturahmi. Tiga orang sahabat lama dan kita diundang untuk melihat gedung baru utama dan tidak ada bicara juga soal politik," ungkapnya Sabtu.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya saat konferensi pers di JCC, menyampaikan alasan nama Prabowo tak masuk dalam capres yang diusung NasDem. Menurut dia, nama Probowo telah kental berasosiasi dengan Gerindra.  Selain itu, DPW NasDem merekomendasikan tiga nama tadi.

Untuk itu, kedua alasan rasional inilah yang kemudian membuat nama ketum Partai Gerindra tersebut tidak masuk dalam bakal capres yang dipilih oleh Nasdem.

"Pak Prabowo sangat kental asosiasinya dengan Gerindra. Tentu itu menjadi catatan kami," ucap Willy Aditya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem,l Johnny Gerard Plate dalam wawancara di JCC (16/6/2022)  menyampaikan bahwa nama-nama bakal calon presiden yang diusulkan oleh DPW belumlah keputusan final. 

Dalam daftar capres yang diusulkan 34 DPW NasDem, nama 3 tokoh lain seperti  Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Puan Maharani tidak ada. Sehingga, Johnny Plate meminta agar tidak terfokus pada hasil usulan DPW NasDem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
djajang nurdjamanNasdemGerindraPrabowo Subianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru