Lulus 100 Persen, MTsN 2 Kota Malang Wisuda 207 Siswa

Jun 18, 2022 15:21
Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr H Subhan SPd MSi saat mewisuda siswa kelas IX. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr H Subhan SPd MSi saat mewisuda siswa kelas IX. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES  - "Mencetak Generasi Islami yang Mandiri Berprestasi dan Regius Mileneal" menjadi tema wisuda dan gelar prestasi siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Malang, Sabtu (18/6/2022). Dari total 207 siswa kelas 3, 100 persen dinyatakan lulus dan menjalani prosesi wisuda.

Kepala MTsN 2 Kota Malang Dr H Subhan SPd MSi menyampaikan, para lulusan MTsN 2 Kota Malang telah banyak yang diterima di sekolah unggulan maupun pondok pesantren, baik di wilayah Malang Raya maupun kota lainnya. Jadi, MTsN 2 Kota Malang  berkomitmen mencetak generasi yang cinta NKRI, generasi yang Islami, berprestasi dan religius.

2

"Ada yang diterima di MAN 1 dan 2 Kota Malang, MAN Kabupaten Malang, MAN Batu, MA Amanatul Ummah, MAN Insan Cendekia Pasuruan, SMA Lab dan yang lainnya. Ada juga yang saat ini masih berjuang melalui PPDB online. Kita doakan semuanya berhasil, " ujarnya. 

Siswa lulusan MTsN 2 Kota Malang disebut  menjadi lulusan yang memiliki karakter istimewa, terlebih lagi terkait keagamaan. Setiap hari, seluruh siswa MTsN 2 Kota Malang melakukan aktivitas salat Dhuha berjamaah untuk melatih siswa terbiasa shalat Dhuha. Siswa kemudian juga mendapatkan pelajaran membaca Alqur'an. Bahkan, porsi kurikulum pelajaran UMMI selama 3 jam pelajaran juga masuk terintegrasi dalam kelas.

3

"Mudah-mudahan penguatan karakter keagamaan yang sudah diupayakan dan dirintis di MTsN 2 Kota Malang, diistikamahkan ketika nantinya mereka sudah keluar dan sudah diterima oleh orang tua," jelasnya.

Subhan juga menyampaikan, siswa MTsN 2 Kota Malang banyak menorehkan prestasi gemilang, baik tingkat regional, nasional hingga internasional. Bidang kesiswaan mencatat, selama 4 bulan, mulai Januari 2022 hingga pertengahan Juni 2022, 235 prestasi telah diraih oleh MTsN 2 Kota Malang.

4

"Di samping itu, prestasi siswa juga diikuti oleh prestasi nasional para guru yang telah mengikuti berbagai lomba olimpiade bidnag studi. Mudah-mudahan 7 bulan kedepan ketiga ketika anugerah penghargaan, kita bisa mencapai torehan 800 atau bahkan 1.000 prestasi," ujarnya.

Perkembangan madrasah, khususnya di MTsN 2 Kota Malang, saat ini begitu pesat dan mendapatkan antusias dari masyarakat. Dari empat tahun lalu, siswa berjumlah 400 orang dan kini telah berkembang mencapai sekitar 800 orang siswa. Hal ini membuktikan jika masyarakat saat ini telah kualitas yang bagus dari pendidikan madrasah, khususnya MTsN 2 Kota Malang.

Terlebih lagi, untuk tahun ini, antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MTsN 2 Kota Malang begitu tinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa baru yang saat ini telah mendaftar ulang, sebanyak 270 siswa. 

"Keluar 207, masuk 270 dan sudah resmi menjadi siswa MTsN 2 Kota Malang. Ada yang dari Kalimantan, Sidoarjo, Gresik dan kota lainnya. Kami mohon restu, di antaranya ada yang menempati ma'had dengan kapasitas 120 orang," paparnya.

1

Sementara itu, perwakilan dari Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Kota Malang Dr Sutrisno MPd yang juga kepala sub-bagian tata usaha Kanwil Kemenag, menyampaikan pesan membangun terhadap para peserta wisuda. 

Para siswa selama ini tentunya telah didik dengan baik olah para guru. Para siswa selama ini mendapatkan pelajaran keagamaan maupun akademik. Itu tentunya menjadi sebuah modal guna menjadi siswa yang berkualitas. Untuk itu, sesudah lulus, para siswa haruslah memiliki akhlakul karimah yang baik.

"Ini harapan kita semua. Karena hanya dengan berahklakul karimah, para lulusan akan sukses dalam menjalani kehidupan. Akhalkul karimah adalah modal utama," ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, agar para lulusan MTsN 2 Kota Malang memilih lembaga pendidikan lanjutan yang berkualitas dan bisa mengantar para siswa sesuai dengan yang dicita-citakan.

"Mohon para orang tuanya untuk membimbing. Para siswa memasuki jenjang sekolah atas yang akan mengantar ke jenjang perguruan tinggi. Maka dari itu mohon para orangtuanya untuk mendampingi dan melihat bakat dan minatnya," pesannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MTsN 2 Kota MalangAtlet porprov Kota MojokertoWosuda siswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru