Penataan Pedestrian Zona Tiga Kayutangan Heritage Ditarget Selesai Akhir November 2022

Jun 17, 2022 21:52
Tampak pedestrian yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kota Malang atau yang biasa dikenal dengan kawasan Zona Tiga Kayutangan Heritage, Jumat (17/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Tampak pedestrian yang berada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kota Malang atau yang biasa dikenal dengan kawasan Zona Tiga Kayutangan Heritage, Jumat (17/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang menargetkan penyelesaian penataan zona tiga Kayutangan Heritage pada akhir Bulan November 2022.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi.

"Kalau targetnya (penyelesaian penataan zona tiga Kayutangan Heritage) akhir kontraknya kan November (2022)," ungkap Diah kepada JatimTIMES.com, Jumat (17/6/2022).

Nantinya, untuk penataan pedestrian di zona tiga Kayutangan Heritage akan meliputi penambahan fasilitas publik di sekitar pedestrian, salah satunya jalur pemandu disabilitas. Kemudian pembenahan saluran drainase dan sumur resapan, pemasangan batu andesit, pengaspalan, serta pemasangan sistem ducting kabel bawah tanah.

Diah menjelaskan, pemindahan kabel fiber optic seiring penuntasan infrastruktur ducting juga telah ditekankan kepada para provider agar bersiap untuk menyesuaikan konsep penataan zona tiga Kayutangan Heritage.

"Ada 26 kursi sanitair, nanti dipercantik juga pedestrian dengan 71 bollard berbentuk bola dan 64 bollard tiang pada area penyeberangan. Insya allaah ini bagian support Pemkot pada sentra industri lokal," ujar Diah. 

Selain itu, lebar dari pedestrian di sepanjang zona tiga Kayutangan Heritage yang terhitung mulai Eks Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) hingga Kawasan Tugu Chairil Anwar. Untuk lebar pedestrian akan bervariasi dengan lebar ruang manfaat 12 meter, sehingga akan semakin membuat nyaman pengunjung.

Di mana dari pedestrian yang sudah ada, lebar pedestrian akan bertambah kurang lebih antara satu sampai 1,5 meter. Jumlah tersebut menyesuaikan dengan bentuk pedestrian. Karena beberapa sisi pedestrian nantinya dilakukan pelebaran dengan lebar yang tidak sama.

Sementara itu, sebagai informasi bahwa penataan zona tiga Kayutangan Heritage telah disosialisasikan oleh DPUPRPKP Kota Malang pada Rabu (18/5/2022) lalu. Harapannya, dengan adanya penataan zona tiga ini, Kayutangan Heritage semakin indah dan tentunya semakin kental dengan nuansa heritagenya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kayutangan HeritagePemkot MalangDPUPR Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru