4 Prodi FH UB Raih Akreditasi Internasional dari Lembaga Akreditasi Jerman

Jun 17, 2022 19:39
Akreditasi internasional 4 Prodi FH UB dari lembaga akreditasi AQAS, Jerman (Ist)
Akreditasi internasional 4 Prodi FH UB dari lembaga akreditasi AQAS, Jerman (Ist)

JATIMTIMES - Empat Program Studi pada Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) mendapatkan Akreditasi Internasional dari Agentur zur Qualitätssicherung an Hochschulen mit Sitz in Köln (AQAS). AQAS merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman. 

Empat prodi UB yang mendapat Akreditasi Internasional, yakni: Program Sarjana Ilmu Hukum, Program Magister Ilmu Hukum, Program Doktor Ilmu Hukum di Malang dan Program Doktor Ilmu Hukum di Jakarta.

Dekan FH Dr. Muchamad Ali Safa'at, SH., MH menjelaskan,  akreditasi internasional bertujuan untuk meningkatkan reputasi FH di dunia. Akreditasi Internasional ini berlaku hingga tahun 2028. Adanya akreditasi internasional ini menandakan jika FH UB telah memadai dan memenuhi standar internasional. 

"Dengan adanya Akreditasi AQAS orang luar melihat bahwa standar FH UB diakui secara internasional. Dan dengan Akreditasi Internasional tersebut berarti kita juga sudah memenuhi kualitas internasional, reputasi FH akan meningkat," katanya.

Meraih akreditasi internasional itu, dijelaskan Ali tidaklah mudah. Banyak persiapan yang dilakukan sampai akhir dilakukan visitasi oleh AQAS. Persiapan tersebut dari berbagai hal, mulai dari persiapan dokumen evaluasi diri yang telah disesuaikan dengan standar Internasional hingga persiapan jaringan maupun koneksi internet yang ada di Fakultas Hukum. 

"Kemarin (penilaian) dilakukan secara online karena masih masa pandemi. Jadi visitasinya online. Meskipun begitu Alhamdulillah visitasi dari fasilitas di FH berjalan lancar dan tidak ada kendala," terangnya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr Shinta Hadiyantina, SH MH menambahkan, terdapat tujuh kriteria yang dimiliki dan dapat dipenuhi oleh FH sehingga berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari AQAS. 

Tujuh kriteria itu diantaranya, kualitas kurikulum, prosedur penjaminan mutu, proses belajar mengajar dan assessmen, suasana akademik, kualitas dosen dan informasi publik. 

“Tujuh kriteria terpenuhi dan mendapatkan apresiasi dari panel of experts AQAS,” tuturnya.

Namun bukan hanya dari tujuh kriteria saja, AQAS juga melakukan asesmen manajemen universitas. Dukungan kampus untuk prodi juga menjadi sebuah penilaian. Universitas tentunya melakukan support penuh dalam mewujudkan program 3 in 1 di UB, joint degree, konferensi internasional, joint research dan yang lainnya. 

Program Doktor Ilmu Hukum dan Program Doktor Ilmu Hukum Kampus Jakarta tak bisa langsung mendapatkan akreditasi internasional. Pengajuan instrumen suplemen konversi kepada BAN-PT tetap harus dilakukan lantaran masih terakreditasi B.

"Setelah mendapatkan hasil Konversi akreditasi peringkat Baik Sekali, baru mengajukan kembali konversi dengan Sertifikat Akreditasi Internasional AQAS untuk mendapatkan Akreditasi peringkat Unggul," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bnn kabupaten sidoarjoFH UBUniversitas Brawaijayafakultas hukum ub

Berita Lainnya

Berita

Terbaru