Satu Bulan Jemput Bola ke Desa/Kelurahan Kota Batu, PBB Capai Rp 6 Miliar

Jun 16, 2022 20:46
Warga mengantre membayar PBB di salah satu desa Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Warga mengantre membayar PBB di salah satu desa Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), Pemkot Batu pun melakukan jemput bola mendatangi setiap desa. Alhasil kini target PBB Kota Batu sudah mencapai 46 persen.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Batu Dyah Lies mengatakan, target PBB Kota Batu sebesar Rp 14,7 miliar. Supaya mencapai target itu Bapenda menggagas pekan panutam pajak dengan mengunjungi wajib pajak.

“Hasilnya selama satu bulan keliling di setiap desa/kelurahan secara bergantian capaian PBB sudah 46 persen,” ungkap Dyah.

Apalagi sejak dicanangkan pekan panutan pajak sejak Mei lalu, dalam satu bulan sudah terkumpul sebesar Rp 6 miliar. Saat petugas keliling ke desa/kelurahan selain melayani pembayaran PBB juga mutasi SPPT.

“Kemudian juga kami melayani pendaftaran objek PBB, pembetulan data, dan pembatalan data di setiap desa/kelurahan itu,” tambah Dyah.

Dyah mengaku antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti pekan panutan pajak. Banyak masyarakat yang memanfaatkan kemudahan layanan melalui program jemput bola tersebut.

Alhasil berdampak terhadap meningkatnya pendapatan daerah dari sektor PBB. Menurut Dyah target Rp 14,7 miliar masih dipertimbangkan lagi. Lantaran akan dilakukan validasi data objek pajak. Melihat, objek pajak bisa dipecah status kepemilikannya.

“Kami masih akan berkoordinasi lagi dengan pemerintah desa/kelurahan. Sebab pastinya mereka yang tahu,” tutup Dyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
penipuan jual beli mobilpbb kota batupekan panutan pajak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru