Isak Tangis Keluarga Melebur Lepas 100 Calon Jamaah Haji Kota Batu

Jun 16, 2022 13:11
Suasana haru di balik pagar masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jalan Sultan Agung, Kamis (16/6/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana haru di balik pagar masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jalan Sultan Agung, Kamis (16/6/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 100 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batu diberangkatkan menuju tanah suci dari masjid Kementerian Agama Kota Batu di JalanSultan Agung, Kamis (16/6/2022). Isak tangis keluarga melepas kepergian sanak saudara maupun orang tua pun melebur dalam pemberangkatan ini.

Orang tua, anak, dan sanak saudara tidak lepas-lepasnya menciumi tangan, mencium pipi, memeluk erat CJH yang akan segera berangkat ke tanah suci itu. Lantaran tidak semua diperbolehkan masuk, sebagian dari mereka harus melepas dari balik  pagar dengan raut wajah bercucuran air mata.

Selesai mendengarkan pesan dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Sekda Pemkot Batu Zadim Efisiensi, pemberangkatan pun langsung dilakukan. Pemberangkatan langsung dilakukan oleh Dewanti Rumpoko.

Dewanti  menitipkan doa kepada para CJH supaya bisa terlepas dari pandemi covid-19, musibah, dan penyakit. Dewanti mengingatkan bahwa ibadah haji tidak hanya ibadah batin, tapi juga lahir yang membutuhkan kekuatan fisik.

Karena itu, diharapkan para CJH makan makanan yang bergisi, banyak minum dan makan buah-buahan. “Selamat jalan CJH Kota Batu. Semoga bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan pulang selamat menyandang gelar haji mabrur,” ungkap Dewanti.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu Imam Turmudimenambahkan, Kemenag Kota Batu sudah melaksanakan kewajiban sesuai dengan undang-undang yang ada. Mulai dari menggelar pelatihan manasik haji sebelum jamaah haji berangkat ke tanah suci.

Setidaknya jemaah telah mengikuti enam kali bimbingan manasik haji dan praktik manasik di Islamic Center. “Para jamaah telah diberi materi tentang apa itu haji dan umrah serta yang terkait dengannya. Juga diajari praktik langsung bagaimana cara perjalanan haji dan umrah,” ungkapnya.

Selain itu, Kemenag  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Batu sudah memberikan pembekalan terkait kesehatan, termasuk tes swab antigen awal untuk deteksi lebih dini.

Dijadwalkan, CJH Kota Batu kloter 20 ini akan masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya pukul 11.55 dan berangkat ke tanah suci pada Jumat (17/6/2022) pukul 11.55 WIB. Rencananya pesawat Arab Saudi Air Lines yang mengangkut CJH  Kota Batu akan tiba pukul 19.20 waktu Madinah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
peredaran miras kediriJamaah Haji Kota Batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru