Manfaatkan Jus Asam Jawa Plus Kurma, Bisa Jadi Obat Liver dan Gagal Ginjal

Jun 16, 2022 08:38
Ilustrasi (Foto: That Girl Cooks Healthy)
Ilustrasi (Foto: That Girl Cooks Healthy)

JATIMTIMES - Seseorang yang mengalami masalah kesehatan atau penyakit liver berisiko lebih tinggi terkena penyakit gagal ginjal. Kedua penyakit itu juga termasuk penyakit yang mematikan. 

Kondisi seperti ini tentu perlu dicegah. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari asam Jawa dan kurma. Hal tersebut disampaikan oleh dokter sekaligus penulis buku JSR (Jurus Sehat Rasulullah) dr Zaidul Akbar.

Jus asam Jawa dan kurma ala Zaidul Akbar ini bisa menjadi alternatif obat pembersih organ hati yang bisa mencegah penyakit liver dan gagal ginjal.

"Organ hati atau liver berfungsi mencerna makanan dan membersihkan tubuh dari zat beracun. Karena fungsi yang begitu penting tadi, tentu akan menjadi masalah besar kalau fungsi liver terganggu," ujar Zaidul.

Dilansir melalui akun Instagram @kampusmadu, Kamis (16/6/2022), berikut bahan yang harus disiapkan untuk membuat jus asam Jawa dan kurma:

- Asam Jawa matang secukupnya
- Kurma 5-7 buah
- Madu secukupnya
- Garam ¼ sdt
- Air panas 350 ml/1 gelas.

Cara membuat:

Masukkan asam Jawa ke dalam segelas air panas, aduk sampai larut, kemudian saring. Campurkan larutan asam Jawa dengan kurma, madu, dan garam, lalu saring lagi. 

Jus pembersih liver pun siap untuk diminum.

"Ikhtiar dengan resep jus pembersih liver ini. Dengan izin Allah bisa mengurangi kerusakan liver. Jus ini juga bermanfaat untuk menguatkan lambung. Bisa juga jadi penyuplai prebiotik, enzim, dan mineral," kata Zaidul Akbar. 

Menurut dia, hati merupakan salah satu organ yang harus dijaga keoptimalan kerjanya. Sebab, jika fungsi hati tidak bekerja dengan optimal, maka akan sangat berpengaruh terhadap organ tubuh lain. Sehingga, tubuh akan memberikan respons seperti mudah lelah.

"Ketika hati tidak bekerja dengan baik, mungkin kita akan merasa lelah, lemah, murung, dan kembung. Dalam beberapa kasus, bahkan menjadi lebih sering lapar," tutur Zaidul.

Organ hati yang tidak bekerja dengan optimal juga dapat meningkatkan risiko penyakit liver pada seseorang. Jika penyakit liver ini terjadi, tentu bisa menyebabkan masalah kesehatan pada organ lain, seperti  memicu gagal ginjal.

Zaidul Akbar juga menyarankan agar kita menghindari makanan yang bisa menimbulkan penyakit liver. "Hindari makanan-makanan, yang dapat menyebabkan fungsi hati menjadi lemah, seperti makanan tinggi sodium dan tinggi gula," kata Zaidul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Asam JawaBacok pacar istriKhasiat kurmaObati penyakit liverdokter zaidul akbar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru