Viral, Ketua Mahkamah Agung Diadukan ke Jokowi, Dikaitkan Nasib Seorang Wanita

Jun 16, 2022 08:07
Potongan gambar dari video viral Ketua MA diadukan ke Presiden Jokowi (Ist)
Potongan gambar dari video viral Ketua MA diadukan ke Presiden Jokowi (Ist)

JATIMTIMES - Peristiwa  yang disebut melibatkan Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Syarifuddin lagi viral di media sosial. Masalah yang diangkat juga dikaitkan dengan seorang wanita.

Ketua MA itu diadukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh akun Tiktok @Satiyem Bunda. Dalam unggahan videonya, terlihat gambar Presiden Jokowi dan di bawahnya terdapat gambar seorang wanita yang memakai kebaya. Wanita itu tampak memegang sebuah berkas dan mengenakan topi toga. 

Di samping foto tersebut, dituliskan sebuah narasi, bahwa  wanita tersebut bernama Novi. Ia merupakan mahasiswa fakultas kedokteran yang gagal menjadi  coas dokter. Kegagalan wanita itu disebut akibat ulah  Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin. 

Belum jelas apa ulah atau perbuatan yang dilakukan M. Syarifuddin terhadap gadis bernama Novi tersebut. Si pengunggah akun belum menjelaskan perihal kronologi unggahan videonya tersebut.

"Bapak presiden, gadis ini bernama Novi. Dia gagal coas kedokteran karena perbuatan biadab dari Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin," tulis narasi dan ucapan pemilik akun dalam video yang diunggah.

Selain itu, pemilik akun mengatakan siap untuk dipanggil  Presiden Jokowi guna membeberkan semua data terkait dugaan pengkhianatan yang dilakukan ketua Mahkamah Agung.

"Silahkan bapak panggil saya, seluruh data penghianatan M Syarifuddin kepada bapak siap saya beberkan," tulis dan ucapnya seperti dalam video.

Dalam video lainnya, yang juga diunggah oleh akun yang sama, dijelaskan bagaimana kronologi terkait gagalnya menjadi coas gadis bernama Novi itu. 

Dalam video diungkap hingga dituliskan oleh pemilik akun, bahwa  intinya berawal dari pemberhentian hakim Ridwantoro yang dinilai tak sesuai. Video itu juga menyinggung pemberhentian yang tak sesuai prosedur. 

Hakim Ridwantoro dikatakan mengajukan pensiun dini tertulis pada 1 Desember 2022. Hal tersebut berdasarkan hitung-hitungan kebutuhan hidup keluarganya telah selesai, sehingga tinggal menikmati masa tua. 

1

Namun oleh Hakim Agung Prim Haryadi dan Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, dokumen tersebut diduga dipalsukan, menyatakan bahwa permintaan pensiun TMT 1 Januari 2021. Hal tersebut juga dinyatakan merupakan keinginan tertulis dari hakim Ridwantoro.

Dokumen itu kemudian diserahkan presiden dan presiden menerbitkan keppres tentang pemberhentian hakim Ridwantoro seperti dokumen yang diserahkan.  Dijelaskan dalam video, hal ini diduga merupakan imbas dari putusan terhadap gembong narkoba internasional yang diberikan oleh hakim Ridwantoro.

Dijelaskannya lagi dalam video, Ridwantoro adalah hakim yang lurus. Selama 34 tahun jadi hakim, SK-nya selalu dipakai jaminan bank untuk menyekolahkan anak-anaknya. Novi adalah anak bungsu dari Ridwantoro yang saat itu menempuh kuliah di Fakultas Kedokteran UMY. 

Novi baru saja wisuda sarjana kesehatan dan hendak melanjutkan coas untuk bisa mendapatkan gelar dokter gigi. Biaya kuliah yang dibutuhkan tidak sedikit dan itu hanya mengandalkan gaji hakim tambal sulam utang bank.

Sementara itu, video yang diposting satu hari lalu itu kini telah ditonton 5,1 juta pengguna Tiktok. Unggahan tersebut juga disukainya oleh 259 ribu pengguna dan telah dibagikan lebih dari 8.000 kali. Kolom komentar juga dipadati oleh ribuan komentar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
video viralKejadian ViralPresiden Jokowipemain arenamni

Berita Lainnya

Berita

Terbaru