Efisiensi Waktu, BPJS Kesehatan Terus Optimalkan Layanan Antrean Online

Jun 14, 2022 15:14
Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Suparmi. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Suparmi. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Malang terus mengoptimalkan layanan antrean online yang terdapat pada aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Hal itu dalam rangka memberikan kemudahan dan efisiensi waktu bagi peserta program JKN yang akan menggunakan layanan BPJS Kesehatan. 

Salah satu peserta program JKN, Suparmi, menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendaftaran pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) melalui fitur antrean online di aplikasi mobile JKN. Aplikasi tersebut merupakan inovasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. 

"Saya biasanya kalau periksa ya datangnya pagi-pagi sekali. Tapi hari ini tadi saat mau periksa, saya kesiangan. Kemudian diinfo oleh anak saya kalau mau periksa ke klinik, bisa mengambil antrean online di aplikasi mobile JKN," ungkap Suparmi. 

Suparmi terdaftar sebagai peserta program JKN segmen pekerja bukan penerima upah (PBPU) kelas 3. Dengan kategori tersebut, Suparmi mengaku sering melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu dikarenakan dirinya memiliki penyakit mioma uteri atau tumbuhnya daging di dalam rahim atau di luar rahim yang tidak bersifat ganas. 

Adanya antrean online melalui aplikasi mobile JKN ini tentunya sangat memudahkan Suparmi untuk mendapatkan layanan dari BPJS Kesehatan. Sebab, saat membutuhkan pelayanan kesehatan, dirinya tidak perlu mengantre terlalu lama.

"Saya sangat senang dengan adanya antrean online ini. Sakit yang saya derita membuat saya harus bolak-balik ke fasilitas kesehatan (faskes). Jadi, dengan antrean online, saya bisa menghemat waktu. Dambil menunggu antrean, saya bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dulu," ujar Suparmi.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah menghadirkan inovasi yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta JKN. Selain itu, dirinya telah merekomendasikan aplikasi mobile JKN kepada peserta program JKN lainnya karena banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya antrean online.

"Saya juga sudah merekomendasikan antrean online di aplikasi mobile JKN ini kepada saudara dan orang-orang terdekat saya," terang Suparmi. 

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho mengucapkan rasa syukur karena kehadiran inovasi dari BPJS Kesehatan, yakni antrean online, disambut baik oleh peserta program JKN, khususnya yang berada di wilayah kerja Kantor Cabang Malang.

"Terima kasih kepada peserta JKN yang telah memanfaatkan fitur antrean online pada aplikasi mobile JKN. Saya harap, peserta JKN secara keseluruhan dapat turut merasakan juga kemudahan dari antrean online tersebut," pungkas Wenan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BPJS KesehatanBPJS Kesehatan Cabang MalangBea materai untuk belanja onlineaplikasi mobile jkn

Berita Lainnya

Berita

Terbaru