Tawa Roy Suryo saat Unggah Foto Stupa Berwajah Jokowi, Diserang Warganet Dinilai Hina Agama Buddha

Jun 14, 2022 11:21
Roy Suryo (Foto: IST)
Roy Suryo (Foto: IST)

JATIMTIMES - Pakar telematika Roy Suryo kembali membuat geger karena unggahannya di akun Twitter pribadinya @KRMRoySuryo2. Dalam unggahan tersebut, Roy mengunggah foto editan sebuah stupa berwajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Foto itu diunggah oleh Roy pada 10 Juni 2022 lalu. Dalam keterangannya Roy memang mengatakan bahwa foto tersebut berasal dari warganet yang dianggapnya kreatif. 

Foto itu sendiri diunggah Roy untuk merespons wacana kenaikan tiket masuk ke Candi Borobudur yang belakangan ini menjadi polemik di tengah masyarakat. 

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu," kata Roy dalam keterangannya. 

Bahkan Roy tertawa melihat foto dari warganet tersebut.

"Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR," tambah Roy.

Sontak saja, unggahan Roy itu langsung mendapat berbagai kritikan dari warganet. Bahkan, tagar Roy Suryo menjadi trending topic nomor 1 di Twitter pagi ini.

Stupa Jokowi

Roy dianggap menghina agama Buddha. Mereka menilai seharusnya Roy bisa memilah-milah unggahan yang tidak memicu keonaran masyarakat. 

"Sebagai orang terdidik seharusnya anda bisa menahan diri untuk tidak menyebarkan "kreativitas" kebablasan seperti ini. Untuk ummat Buddha figur Sidharta Gautama itu sangat dihormati dan sakral. Anda spt orang yang tidak punya kecerdasan spiritual," kata @hkushardanto.

"Mas njenengan itu KRMT mantan menteri tapi adab dan budipekerti seperti belum pernah makan sekolahan, sakit apa njenengan?" Ujar @wpudyantoro69.

"Kasihan KERATON memberikan GELAR BANGSAWAN ... .TERNYATA TIDAK KUAT MENYANDANG GELAR BANGSAWAN," ejek akun @HEROESGITU.

"Dengan track record sebagai mantan menteri tapi bercandaannya murahan begini, sebenarnya beliau sedang menistakan dirinya sendiri," kata akun @BuddhisGL. 

"Saya muslim pak, tapi saya malu lihat postingan ini. Apalagi anda mantan menteri, gelarnya KRMT, unggah ungguhnya itu loh mana? Anda pasti marah jika simbol2 agama anda dihina, jadi jangan menghina simbol2 agama lain juga, jangan egois pak. Menurut anda ini lucu? Bagi saya miris," ujar @AnggraNing.

"Itu patung budha lho... sekelas mantan mentri menyebarluaskan penistaan agama budha.. Miris.." tambah akun @dukeprimo.

Bahkan, ada yang menyarankan agar Roy lebih baik menghapus unggahan tersebut untuk menghormati agama Buddha. 

"Pak dengan tidak mengurangi rasa hormat akan lebih baik postingan ini dihapus. Bagaimana pun juga kita harus hormati teman-teman pemeluk agama Budha," tulis @SutamaRahmat.

Selain itu ada pula warganet yang me-mention akun Humas Polri agar unggahan Roy ini bisa diusut. 

"Kalau menghina simbol agama minoritas begini, biasanya apasih tindakan kepolisian @CCICPolri @DivHumas_Polri," tulis akun @dinoalves22.

"@CCICPolri mohon ditindak lanjuti postingan ini," kata @yudha_first. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
roy suryowabah pmk kabupaten lumajangPresiden JokowiPresiden Joko Widodo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru