Selamat, Ajang Bergensi Kangmas Nimas Kota Batu Dimenangkan Warga Junrejo dan Bumiaji

Jun 13, 2022 11:35
Pemenang Kangmas Nimas Kota Batu.
Pemenang Kangmas Nimas Kota Batu.

JATIMTIMES - Ajang bergengsi yang digelar Dinas Pariwisata Kota Batu yakni Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu 2022 sukses digelar di Hall The Singhasari Resort Batu, Minggu (12/6/2022) malam. Dengan demikian, kini Kota Batu memiliki duta pariwisata baru.

Duta pariwisata yang berhasil merebut hati 7 dewan juri pada malam itu adalah Fachries Fasadana sebagai Kangmas dan Andika Sani Salwa sebagai Nimas. Fachries yang berusia 21 tahun ini merupakan warga Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji yang saat ini tengah menempuh pendidikan sebagai mahasiswa Universitas Islam Malang.

kangmas-nimas-kota-batu-1c5a58eb18f806aa2.jpg

Sedangkan Nimas Salwa adalah warga Desa Junrejo berusia 18 tahun merupakan siswi SMA Negeri 1 Kota Batu. Kontes ini dimulai dengan penampilan 20 finalis Kangmas Nimas 2020 yang menyuguhkan sebuah tarian tradisional yang menarik tamu undangan.

Tarian yang dibawakan berjudul Biyonoman. Kemudian fashion show. Lalu acara semakin meriah saat diumumkan para finalis yang masuk lima besar, yakni 5 kangmas dan 5 nimas.

Sebanyak 5 besar Kangmas yakni, Hendi Kristian Putra, Yosua Lutfi Alexander, Fachries Fasadana, Tri Yoga Aditya, Pascal Cornelius Stevanus. 5 besar nimas yakni, Andika Sani Salwa, Mefiroladyon, Rifda Mutia Zahra, Biji Bintang Binarani, Maria Christi Pramudya.

kangmas-nimas-kota-batu-251915e4b35f9ffe5.jpg

Kemudian mereka yang terpilih itu harus menjawab pertanyaan yang sama dengan waktu kurang lebih 60 detik. Setelah mendapatkan penilaian, baru dewan juri memutuskan tiga pasangan terbaik.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, ajang bergengsi ini penting dilakukan karena Kota Batu sebagai kota wisata, memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang tentunya memiliki kapasitas, kreativitas, dan inovasi. “Sehingga komitmen ini yang menjadi utama dalam rangka inisiasi pengembangan kepariwisataan,” ucap Arief.

Sehingga, sebagai kota wisata, peran duta wisata menjadi andalan pemerintah daerah dan industri pariwisata. “Jadi harus disiapkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh Arief yang juga mantan Dinas Lingkungan Hidup ini.

kangmas-nimas-kota-batu-595869a1b46bbcdfd.jpg

Sekaligus ajang bergengsi ini upaya untuk menciptakan kader-kader dalam rangkan mengembangkan pariwisata Kota Batu. “Melalui SDM pariwisata yg berkualitas ini diperlukan jadi enggak main-main dengan proses yg terbaik,” terang Arief.

Dengan terpilihnya duta pariwisata ini, ke depan diharapkan pariwisata Kota Batu bisa berkembang. Dan mampu mendatangkan wisatawan, sehingga mampu mendongkrak target kunjungan.

kangmas-nimas-kota-batu-43e70e91ddb19c800.jpg

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, potensi wisata di Kota Batu luar biasa. Sehingga perlu upaya optimalisasi promosi untuk mendongkrak kunjungan di Kota Batu. Terlebih pasca pandemi Covid-19, perlu berkolaborasi membangkitkan perekonomian.

“Dengan hadirnya duta pariwisata ini upaya untuk terus membangun SDM, sekaligus untuk membantu mempromosikan pariwisata Kota Batu,” terang Punjul.

kangmas-nimas-kota-batu-396157afcf5ea2781.jpg

Sebagai informasi, ajang ini selain dimenangkan oleh Kangmas Fachries dan Nimas Salwa, juga dinobatkan pemenang beberapa kategori. Diantaranya Wakil 1 diberikan kepada Kangmas Hendi - Nimas Biji Bintang. Sedangkan Wakil 2 yakni kepada Kangmas Pascal dan Nimas Mefi.

Sebagai gelar atribut, Kangmas Nimas Persahabatan jatuh pada Kangmas Yoga dan Nimas Ayu, Serta Kangmas Nimas Berbakat diberikan kepada Kangmas Arnas dan Nimas Kristi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Pariwisata Kota BatuGrand Final Kangmas Nimasduta pariwisata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru