3 Kelurahan di Kota Batu Bakal Tambah Daftar Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama

Jun 12, 2022 20:39
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menandatangani pengukuhkan Kelompok Kerukunan Umat Beragama (KKUB) Desa Tulungrejo beberapa saat lalu.
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menandatangani pengukuhkan Kelompok Kerukunan Umat Beragama (KKUB) Desa Tulungrejo beberapa saat lalu.

JATIMTIMES - Setelah dua desa di Kota Batu menyandang Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama yakni Desa Mojorejo dan Desa Tulungrejo, rencananya tiga kelurahan bakal menyusul. Wacana bakal dilakukan pada tahun 2022 ini.

Tiga kelurahan itu adalah Kelurahan Songgokerto, Kelurahan Ngaglik dan Kelurahan Sisir. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batu saat ini tengah melakukan survey demi mewujudkan harmonisan antara pemeluk agama.

“Kami tengah melakukan survey. Karena syarat untuk menjadi desa atau kelurahan sadar kerukunan umat beragama minimal harus ada tiga kelompok agama,” ungkap Ketua FKUB Kota Batu,  M. Ruba’i.

Selain harus memiliki minimal tiga kelompok agama, kelurahan yang ditunjuk juga harus terhindar dari konflik sosial khususnya antara agama. Sebab potensi konflik keagamaan bisa di minimalisir dengan keberadaan desa sadar kerukunan umat beragama.

“Untuk terhindar dari konflik beragam ini perlu hadirnya program ini tempat-tempat desa/kelurahan diperbanyak lagi,” imbuh Ruba’i.

Terpisah, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mendukung upaya FKUB Kota Batu dalam menambah desa dasar kerukunan umat beragama. Dengan kerukunan umat beragama merupakan salah satu hal yang mutlak dalam kehidupan berbangsa.

“Supaya setiap tahunnya desa/kelurahan di Kota Batu menyandang predikat tersebut. Melalui predikat tersebut Pemkot Batu melalui Kesbangpol bisa mendorong penuh program tersebut dengan menganggarkan setiap tahunnya,” ucap Punjul.

Sementara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, meskipun Kota Batu merupakan kota kecil, tapi kota berkualitas. Di mana kualitas dalam kerukunan antar umat beragamanya sangat luar biasa dan harmonis. 

“Ketika kita bersatu, tidak akan mudah dipecah belah dan bisa terus maju bersama. Semoga semua yang ada di Kota Batu terbuka terhadap perbedaan, berhati lapang dan bijak,” jelas Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Batudesa sadar kerukunan beragamaWakil Wali Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru