Unisma Jalin MoU dengan Perusahaan Luar Negeri, Ini Cakupan Kerjasamanya

Jun 11, 2022 15:49
Unisma teken MoU dengan Plan B Organics USA (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Unisma teken MoU dengan Plan B Organics USA (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Jaring kerjasama Universitas Islam Malang (Unisma) diperluas. Kali ini, perguruan tinggi Nahdlatul Ulama ini, menjalin kerjasama dengan perusahaan dari Amerika Serikat yakni Plan 'B' Organics Company.

Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatanganan MoU antara Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri Msi dan Senior Advisor on Behalf of Plan 'B' Organics U.S.A Abraham Nathan Harris, Jumat (10/6/2022) di Kantor Pusat Unisma.

"Kerjasama ini terutama kaitan dengan pengembangan pupuk organik. Ini melibatkan Fakultas Pertanian dan Peternakan," jelas Maskuri.

Dalam lima tahun ke depan, MoU akan memaksimalkan kerjasama bukan hanya dalam pengembangan pupuk, namun juga terkait pengembangan dan transfer knowledge guna meningkatkan kapasitas SDM.

1

"Jadi peternakan ini nanti kaitanya dengan pupuk, sementara peternakan kaitannya dengan kotoran dari kelelawar dan burung laut guano," tuturnya.

Selain itu, bukan hanya pengembangan dan produksi pupuk saja yang menjadi fokus dalam kerjasama. Akan tetapi juga terkait dengan mekanisme atau manajemen ekspor impor yang akan melibatkan para mahasiswa agar lebih memahami dan menambah pengetahuan mereka. 

"Ketepatan dosen kita kan juga mengembangkan pupuk organik, yang dikembangkan di Fakultas Pertanian dari dedaunan, cacing juga," terangnya.

Sementara itu, Senior Advisor on Behalf of Plan 'B' Organics, Abraham menambahkan, bahwa kerjasama akan mencakup pada bidang manajemen ekspor, import, agrikultur, administrasi, pertanian, peternakan serta bidang lain yang berkaitan dengan multiservis.

Pihaknya berharap, kerjasama ini dapat membawa imbas positif, khususnya terkait lingkungan yang ramah serta mengurangi penggunaan bahan berbahaya yang dapat mengganggu lingkungan.

Ia berharap, kerjasama ini dapat ditindaklanjuti guna menciptakan lingkungan yang lebih ramah serta mengurangi penggunaan bahan untuk keselamatan bumi.

"Saya sampaikan terimakasih karena sangat menyambut baik kerjasama ini, semoga bisa berkontribusi menciptakan lingkungan di Indonesia lebih ramah dan mengurangi bahan kimia untuk keselamatan bumi," pungkasnya.

Untuk diketahui, Plan 'B' Organics sendiri merupakan perusahaan memproduksi pupuk organik dengan kualitas terbaik dan meningkatkan kesadaran tentang praktik pengelolaan tanah alami. Pengembangan produk yang mereka lakukan berasal dari kotoran kelelawar dan burung laut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas Islam MalangUnismaplan b organics

Berita Lainnya

Berita

Terbaru