Dapat Program DAK Sanitasi 2022, DPUPRPKP Kota Malang Latih Kelompok Swadaya Masyarakat

Jun 10, 2022 14:25
Pembekalan KSM terkait program DAK Sanitasi 2022 di DPUPRPKP Kota Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pembekalan KSM terkait program DAK Sanitasi 2022 di DPUPRPKP Kota Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Malang mendapatkan program kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi tahun 2022. Program DAK Sanitasi 2022 ini, merupakan program kegiatan dari Kementerian PUPR. Lokasi yang mendapatkan program kegiatan DAK Sanitasi ini, merupakan lokasi-lokasi yang masuk kategori Stunting. 

"Tujuannya program ini adalah untuk mengurangi angka stunting di lokasi masing-masing yang mendapatkan program ini," jelas Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Sahabuddin, melalui Staf Bidang Cipta Karya, Eka Prasetya Wibowo.

1

Program DAK Sanitasi 2022 ini, berbasis swakelola masyarakat. Sehingga, dalam pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan langsung dan dikelola oleh masyarakat. Wilayah yang mendapatkan program DAK Sanitasi 2022 ini, di antaranya adalah Kelurahan Mulyorejo dan Kelurahan Cemorokandang, yang mendapatkan program pembangunan tangki septik skala individu. "Ini skala rumah per rumah," tuturnya.

Kemudian, wilayah lain adalah Kelurahan Samaan, Kelurahan Mergosono, Kelurahan Kidul Dalem, Kelurahan Sukun dan kelurahan Kebonsari, mendapatkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal. "(Kapasitasnya) minimal untuk 80 Kepala Keluarga (KK)," ujarnya.

Karena dalam pelaksanaannya berbasis swakelola masyarakat atau dilaksanakan langsung oleh masyarakat, maka dilakukan pelatihan peningkatan kapasitas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Materi yang diberikan mulai dari awal pelaksanaan. Dari mekanisme pengadaan barang, mekanisme penarikan keuangan, mekanisme pengelolaan keuangan dan mekanisme pelaporan.

"Dana nanti langsung turun ke rekening masyarakat, yang langsung dikerjakan oleh masyarakat. Penjelasan ini tentunya agar menghindari adanya kekeliruan, agar masyarakat lebih paham mekanismenya," paparnya.

Untuk pemateri, merupakan tenaga Fasilitator Lapangan yang sudah direkrut oleh DPUPRPKP untuk turun ke masing-masing kelurahan. Tenaga Fasilitator Lapangan ini telah dilatih terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari Kementerian PUPR. 

2

"Kami melakukan pembekalan atau belajar bersama terkait mekanisme program kegiatan DAK Sanitasi 2022 ini sesuai petunjuk pelaksanaan dari Kementerian PUPR. semuanya tidak boleh keluar dari petunjuk pelaksanaannya, baik secara fisik maupun pelaporan keuangan," terangnya.

Dengan begitu, diharapkan kegiatan DAK Sanitasi 2022 berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat bagi masyarakat, baik itu secara ekonomi maupun nantinya, setelah pembangunan selesai, bangunan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Yang diundang ada 110. Jadi setiap KSM mulai dari ketua, bendahara, sekretaris, tim perencana, tim pelaksana dan tim pengawas, semua diundang," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
program sanitasiDPUPRPKP Kota MalangSahabuddinkurangi stunting

Berita Lainnya

Berita

Terbaru