Bidan RSI Unisma Beberkan Mitos atau Fakta Tentang Pijat Bayi

Jun 08, 2022 19:02
Bidan RSI Unisma, Miftahul Rahmania yang membeberkan perihal mitos atau fakta tentang pijat bayi (Ist)
Bidan RSI Unisma, Miftahul Rahmania yang membeberkan perihal mitos atau fakta tentang pijat bayi (Ist)

JATIMTIMES - Bidan Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang, memberikan informasi yang tampaknya harus disimak para ibu yang mempunyai bayi. Informasi yang disampaikan perihal pijat pada bayi. 

Lewat kanal YouTube RSI Unisma, Bidan RSI Unisma membahas mitos atau fakta terkait pijat pada bayi. 

Disampaikan Bidan Miftahul Rahmania, jika pijat pada bayi akan meningkatkan nafsu makan pada bayi. Hal ini merupakan sebuah fakta. 

"Jadi pada bayi yang masuk Makanan Pendukung (MP) ASI, jika dirutinkan untuk memijat bayi dapat meningkatkan nafsu makannya," jelasnya.

Kemudian, rutin memijat bayi dapat mempercepat proses merangkak atau berjalan. Hal ini juga merupakan sebuah fakta. Dengan memijat bayi dapat merangsang refleks sensorik ataupun motorik pada bayi. Sehingga, bayi kemudian cepat merangkak dan berjalan.

Fakta selanjutnya terkait pijat bayi, juga dapat membantu merangsang dan meningkatkan kecerdasan pada bayi. Hal ini dikatakan Bidan Miftahul Rahmania juga merupakan fakta. 

"Saat dipijat, bayi akan bergerak lebih aktif. Sehingga hal ini memicu otak untuk berkembang lebih baik," tuturnya.

Kemudian, perihal memijat bayi harus menunggu usia bayi besar terlebih dahulu, hal ini dikatakan Bidan Miftahul Rahmania merupakan mitos. Pijat pada bayi bisa dilakukan pada usia new born atau ketika bayi baru lahir. Akan tetapi, dalam pemijatan tentu tak bisa sembarangan.

"Dilakukan dengan teknik khusus dan oleh tenaga kesehatan yang sudah terlatih. Tapi ibu bayi juga bisa melakukan pemijatan untuk mempererat hubungan ibu dan bayi," ujarnya.

Mitos selanjutnya yang dijelaskan Bidan Miftahul Rahmania perihal pijat bayi adalah, pijat bayi dapat membuat kaki bayi lurus. Hal ini karena tubuh bayi telah terbentuk sejak dalam kandungan, sampai mempunyai postur tubuh sesuai saat bayi lahir. 

"Pijat pada bayi tidak boleh sering dilakukan, ini juga merupakan mitos. Pijat pada bayi bisa dilakukan satu hari dua kali pada bayi yang sehat. Untuk lamanya 25 menit. Usia terbaik untuk dilakukan saat enam bulan pertama dan jangan lakukan pijat bayi saat bayi selesai minum dan makan," jelasnya.

Sementara itu, RSI Unisma juga melayani para bunda yang ingin melakukan pemijatan bayi. RSI Unisma juga menyediakan pelayanan homecare untuk memandikan bayi, pijat bayi dan pelayanan terkait ibu hamil lainnya. Untuk informasi lebih lanjut perihal pelayanan, bisa menghubungi nomor 08113138899 dan bisa juga melalui media sosial RSI Unisma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pijat BayiRSI Unismabidan rsi unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru