Ini Cara SD Negeri 1 Gedangan Lakukan Pendidikan Karakter ke Muridnya

Jun 07, 2022 18:26
Kepala SD Negeri 1 Gedangan, Siti Sundari bersama siswa saat hendak memulai aktivitas si sekolah. (Foto: Istimewa).
Kepala SD Negeri 1 Gedangan, Siti Sundari bersama siswa saat hendak memulai aktivitas si sekolah. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pendidikan karakter menjadi salah satu hal prioritas yang diajarkan oleh Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pihak sekolah pun memiliki cara tersendiri untuk melakukan pendidikan tersebut. 

Kepala SD Negeri 1 Gedangan Siti Sundari mengatakan, untuk melakukan pendidikan karakter tersebut, sebelum masuk ke kelas dan memulai mata pelajaran, ada serangkaian kegiatan yang harus dilakukan siswa dan siswinya.

"Sebelum dimulainya Mata Pelajaran (Mapel) anak-anak kami biasakan untuk berbaris, dan memeriksa kelengkapan seragam. Hal tersebut bertujuan agar mereka terbiasa dalam cara berpakaian," ujar Siti. 

Setelah memastikan siswa dan siswinya berpakaian rapi, dan masuk ke kelas masing-masing, para murid diajak untuk berdoa bersama. Selain itu juga membacakan Asmaul Husna. Dalam hal ini, siswa juga dipandu dengan pengeras suara dari ruang guru. Tujuannya, agar anak-anak tertib dalam memanjatkan doa. 

"Untuk membentuk karakter patriotisme, juga kami biasakan anak-anak baca teks Pancasila dan menyanyikan lagu wajib Nasional," imbuh Siti.

Selain aktivitas rutin tersebut, dalam rangka perluasan potensi, minat dan bakat pihak sekolah juga mengoptimalkan peran kegiatan ekstrakurikuler. Seperti Tanfidul Qur'an. Dimana dalam hal ini juga dilaksanakan secara khusus oleh seorang pembina. 

"Untuk tanfidul Qur'an ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai 6. Namun itu terbagi dalam kelompok yaitu A,B dan C," terangnya. 

Dirinya menilai, pendidikan karakter anak merupakan proses pembentukan karakter atau kepribadian seorang anak. Menurutnya, hal itu diperlukan sebagai bekal. Selain di lingkungan sekolah juga untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat kelak. 

"Untuk membangun bangsa yang tangguh, patriotisme, berahlak mulia, bermoral, bertoleransi serta memiliki semangat bergotong royong yang tinggi, kami maksimalkan pendidikan karakter," pungkas Siti. 

Terpisah, Kepala Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan (Dispendik) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Gedangan, Tukiran, mengapresiasi dengan peningkatan pendidikan karakter di SD Negeri 1 Gedangan ini. 

"Pendidikan karakter anak itu sangat penting. Itu mulai di tingkat lembaga paling rendah (TK) hingga tingkat Sekolah Dasar (SD). Karena, pendidikan karakter itu, kini menjadi salah satu wacana utama dalam kebijakan Nasional," ujar Tukiran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita pendidikan kabupaten malangPendidikan karakter

Berita Lainnya

Berita

Terbaru