Cara Mengetahui Pesan WA Sudah Dibaca atau Belum meski Centang Biru Dinonaktifkan

Jun 06, 2022 08:53
WhatsApp (Foto: Marca)
WhatsApp (Foto: Marca)

JATIMTIMES - Untuk alasan privasi, sebagian orang memilih untuk menonaktifkan fitur centang biru di aplikasi pesan WhatsApp. 

Seperti diketahui, sejak 2014 lalu, WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya, yaitu si centang biru, dalam chat yang menandakan chat sudah dibaca oleh si penerima pesan. 

Dulunya, walaupun sudah menonaktifkan centang biru di 'privacy', voice note (VN) masih bisa terlihat centang biru pada lawan bicara. Namun, cara mengetahui pesan WA sudah dibaca atau belum meski centang birunya dimatikan dengan VN kini sudah tidak lagi efektif. Lantas bagaimana cara menyiasatinya?

Salah satu trik yang bisa dicoba untuk mengetahui pesan tersebut sudah dibaca atau belum meski centang biru dinonaktifkan yaitu dengan membuat group WA sebelum kamu mengirimkan pesan. Isi grup-nya hanya ada kamu dan orang yang ingin kamu ketahui apakah akan membaca pesan ini atau tidak.

Cara mengetahui pesan WA sudah dibaca atau belum meski centang biru dimatikan bisa dilakukan dengan trik ini karena di grup WA, walaupun centang biru dimatikan, masih ada cara mengeceknya. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buat grup WA dengan si calon penerima pesan
2. Kirim pesan
3. Setelah beberapa saat, klik titik 3 di pojok kanan atas, lalu pilih 'Info'
4. Kamu bisa melihat apakah penerima pesan sudah melihat pesan tersebut atau belum
5. Demikian cara mengetahui pesan WA sudah dibaca atau tidak walaupun centang birunya dimatikan. Meskipun butuh usaha lebih, tapi tampaknya masih layak untuk kamu yang butuh memastikan pesan WA kamu sudah dibaca oleh yang bersangkutan.

Tidak hanya pesan biasa. Cara ini juga berlaku untuk pengiriman voice note (VN) WhatsApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
WhatsAppCentang biru WAKirim pesan via WAPesan WA dibaca

Berita Lainnya

Berita

Terbaru