Sempat Ada Kekosongan, Jabatan Kepsek 21 Sekolah Kota Malang Kini Telah Terisi

Jun 05, 2022 14:47
Pengkukuhan sejumlah kepala sekolah yang dilakukan Disdikbud Kota Malang (Ist)
Pengkukuhan sejumlah kepala sekolah yang dilakukan Disdikbud Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) pada beberapa sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang yang sempat kosong kini telah terisi. Hal ini setelah terdapat pengkukuhan 64 orang ASN sebagai Kepsek.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM, menjelaskan, jika sempat terdapat kekosongan 18 orang Kepsek jenjang SD. Hal itu karena Kepsek bersangkutan tengah menjalani masa pensiun. Selain itu, terdapat juga tiga Kepsek diangkat menjadi pengawas.

"Sehingga kekosongan totalnya 21," jelasnya.

Namun dengan dikukuhkannya 64 Kepsek, Jumat (3/6/2022), sejumlah kekosongan Kepsek jenjang SD kini telah terisi. Dari sejumlah Kepsek yang dikukuhkan itu, terdapat 39 Kepala SD yang dimutasi dikarenakan kepentingan dinas. Selain itu, juga terdapat 23 orang Kepsek baru jenjang SD dan 1 Kepsek jenjang SMP. 

"Pengkukuhan ini penting, karena menjelang ajaran baru, untuk pelaksanaan PPDB dan kelulusan siswa," tuturnya.

Saat ini Disdikbud Kota Malang, tengah menyiapkan pimpinan untuk tiga SMP baru yaitu SMPN 28, SMPN 29 dan SMPN 30 yang saat ini masih kosong dan anggarannya masih bergabung dengan sekolah lainnya. Kekosongan baru bisa diisi pada tahun anggaran baru. 

"Rencananya kekosongan baru bisa diisi pada tahun depan, karena anggaran tiga sekolah baru itu di tahun 2022 ini sudah terlanjur gabung dengan SMPN 21, SMPN 15 dan SMPN 7," tuturnya.

Sementara itu, Kepsek yang dikukuhkan ini, tentunya tak serta merta terpilih. Akan tetapi, mereka usai menjalani serangkaian proses dan berbagai tahapan pendidikan calon kepala sekolah. 

Dan jika dinyatakan lulus atau layak menjadi seorang kepala sekolah, maka yang bersangkutan akan dipromosikan dengan dikukuhkan menjadi kepala sekolah. 

"Kami selalu bekerjasama dengan LP2KS maupun para akademisi dalam mempersiapkan guru menjadi kepala sekolah yang berkualitas," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pengukuhan asn kota malangpengukuhan kepala sekolahDisdikbud Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru