Kades Kalipare Ditahan Polres Malang, Diduga Selewengkan Dana Desa

Jun 04, 2022 18:48
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Polres Malang menahan Kepala Desa (Kades) Kalipare Sutikno. Penahanan tersebut dilakukan lantaran Sutikno diduga melakukan tindakan penyalahgunaan dana desa (DD). 

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat saat dihubungi JatimTIMES, Sabtu (4/3/2022) siang. Menurut AKBP Ferli, Sutikno ditahan Satreskrim Polres Malang atas dugaan kasus korupsi atau penyelewengan DD/ADD tahun 2019. "Betul. Itu penyelidikan terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi tahun 2019," ucap Ferli.

Meski kasus dugaan penyelewengan tersebut terjadi pada  2019 silam, penahanan baru dilakukan karena menunggu hasil penghitungan kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Perkara itu tahun 2019 dan mulai dilidik tahun 2021 karena menunggu hasil penghitungan kerugian negara dari BPKP. Dan saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka," ucap  Ferli.

Penahanan Sutikno  dilakukan supaya tersangka tidak kabur dan menghilangkan barang bukti. Tersangka ditahan akibat dugaan penyelewengan DD/ADD tahun 2019 yang seharusnya digunakan untuk proses pembangunan pasar di Desa Kalipare. 

Tersangka diduga telah mengakibatkan kerugian negara total sebesar Rp 423 juta. Inspektorat Kabupaten Malang sebelumnya telah melakukan pembinaan terhadap tersangka dengan tujuan mengembalikan uang negara yang telah diselewengkan tersangka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kades ditahanDana DesaPolres MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru